5 Cara Unik Penggunaan Drone Selama Lockdown akibat Virus Corona

Dini Listiyani ยท Jumat, 03 April 2020 - 20:35 WIB
5 Cara Unik Penggunaan Drone Selama Lockdown akibat Virus Corona

Drone (Foto: Unsplash)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) memaksa warga di seluruh dunia untuk tetap tinggal di rumah. Karena memiliki banyak waktu di rumah, banyak orang memanfaatkan teknologi mereka untuk membunuh waktu, termasuk memainkan drone.

Ada sejumlah orang di dunia menerbangkan drone mereka untuk melakukan beragam aktivitas. Beberapa waktu lalu, sempat ada orang yang memanfaatkan pesawat tak berawaknya untuk mengajak anjingnya berjalan-jalan selama masa karantina.

Di samping itu, rupanya masih ada penggunaan drone unik lainnya yang terjadi selama masa lockdown akibat virus corona. Supaya lebih jelas berikut ini daftarnya sebagaimana dirangkum dari Cnet, Jumat (3/4/2020).

Memberikan Tur Virtual Selama Masa Karantina Kota

(Foto: YouTube)
(Foto: YouTube)

 

Situs penggemar drone DJ memiliki rekaman pesawat tak berawak yang menakutkan dari kota-kota Amerika Serikat (AS), termasuk New York, Los Angeles, dan Boston, serta daerah metro internasional seperti Milan, Paris, dan Zurich.

Identifikasi Penyakit

Pemerintah China telah menggunakan drone yang dilengkapi dengan sensor panas untuk menemukan orang sakit berjalan-jalan di tempat umum. Sebelumnya, drone digunakan untuk mendeteksi kebakaran hutan dan mengawasi populasi untuk keperluan lain.

Memperingati Orang

Kepolisian Inggris telah menggunakan drone untuk menangkap rekaman video orang-orang yang melanggar pedoman jarak sosial negarai itu. Terlepas dari seruan aktivis dan pejabat yang prihatin mengenai potensi pelanggaran priviasi, departemen kepolisian Derbyshire sejauh ini menunjukkan nada yang tidak menyesal.

“Kami memahami orang akan memiliki pandangan yang berbeda tentang postingan ini. Namun, kami tidak akan meminta maaf menggunakan metode hukum yang sesuai untuk menjaga orang tetap aman,” katanya.

Pemerintah China lebih bersemangat dalam menggunakan drone untuk menegakkan kebijakan social distancing. Global Times News melaporkan Januari lalu, polisi di beberapa bagian Taizhou telah menggunakan drone yang dilengkapi pengeras suara untuk mencegah orang berkumpul.

Berkenalan

(Foto: Instagram)
(Foto: Instagram)

 

Seorang pria di Brooklyn melihat gadis menari di rooftop dekat tempat tinggalnya. Dia pun menyapa perempuan itu. Karena sedang physical distancing, dia memanfaatkan dronenya untuk mengajak berkenalan. Dia menerbangkan pesawat tak berawak miliknya dengan sebuah pesan berisi nomor teleponnya disematkan di atas drone. Kemudan, drone diterbangkan  ke arah gadis incarannya tersebut.

Mengajak Anjing Jalan-Jalan

Anjing tidak terlalu peduli dengan karantina. Saat ingin keluar maka dia keluar. Seorang Cypriot mengatasi masalah ini dengan menempelkan tali pandomia-nya ke pesawat tak berawak dan meletakkannya di luar pintunya.

Editor : Dini Listiyani