5 Smartphone Terlaris di Indonesia, Realme Bikin Kejutan

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 18:14 WIB
5 Smartphone Terlaris di Indonesia, Realme Bikin Kejutan

Realme secara mengejutkan merebut pangsa pasar smartphone di Indonesia dengan market share 8 persen. (Foto: India Today)

JAKARTA, iNews.id - Counterpoint, perusahaan analisis industri global merilis laporan penjualan smartphone di Indonesia. Mereka mencatat lima ponsel terlaris, Top 5 Brand Smartphone di Indonesia pada kuartal kedua (Q2) 2019.

Counterpoint menyebutkan penjualan smartphone di Indonesia tumbuh 6 persen year-on-year (YoY) selama kuartal kedua 2019, didorong promosi selama Ramadan, baik di saluran online dan offline. Posisi pertama diraih Samsung dengan market share 27 persen. Peringkat kedua diduduki Xiaomi 21 persen, Oppo 17 persen, dan Vivo 9 persen.

Secara mengejutkan Realme meraih pangsa pasar 8 persen dari penjualan smartphone di Tanah Air. Raihan tersebut menjadikan produk asal China ini masuk dalam jajaran lima besar dalam waktu kurang dari satu tahun.

Marketing Director realme SEA Josef Wang mengatakan, ini adalah hasil yang sangat menggembirakan bagi, karena kerja keras perusahaan dalam waktu kurang dari setahun di Indonesia membuahkan hasil manis.

"Tidak mudah bagi kami mencapai top 5 brand smartphone di Indonesia. Perlu penelitian yang sangat intensif untuk mengetahui kebutuhan anak muda di Indonesia dari sebuah smartphone. Dengan semangat "Dare to Leap" kami menghadirkan smartphone yang penuh inovasi, memiliki teknologi terbaru, desain elegan dan harga terjangkau," ujarnya, dalam keterangan pers yang dilansir iNews.id, Minggu (11/8/2019).

Counterpoint Research Analyst, Parv Sharma mengatakan, merek smartphone China di Indonesia tumbuh positif. Ini terlihat empat dari lima merek smartphone teratas berasal dari China.

Pangsa pasar gabungan mereka lebih dari 55 persen. Realme, merek smartphone yang diluncurkan di Indonesia pada Q4 2018, menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dengan strategi harga agresif.

"Dalam tiga kuartal, realme telah meraih pangsa pasar 8 persen, sehingga mendapatkan urutan lima brand smartphone berdasarkan volume. Portofolio realme yang lebih ramping dengan fokus penjualan online yang agresif dan proposisi value for money telah membantunya mendapatkan pangsa pasar dalam waktu singkat. Namun, realme juga memperluas pangsanya di segmen offline untuk tumbuh lebih lanjut,” katanya.


Editor : Dani Dahwilani