7 Aplikasi yang Wajib Diinstal Sebelum Mudik Lebaran 2022, Perjalanan Jadi Lebih Nyaman

Inas Rifqia Lainufar ยท Kamis, 28 April 2022 - 13:10:00 WIB
7 Aplikasi yang Wajib Diinstal Sebelum Mudik Lebaran 2022, Perjalanan Jadi Lebih Nyaman
Google Maps (Foto:Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – 7 aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022 berikut akan memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman. Semakin berkembangnya teknologi, kendala-kendala saat mudik lebaran memang bisa diatasi dengan mudah.

Anda bahkan tak perlu bersusah payah untuk sekedar memesan tiket, meminta petunjuk jalan, hingga mengisi saldo tol karena semua hal tersebut bisa dilakukan melalui ponsel Anda. Untuk lebih jelasnya, simak rekomendasi aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022 berikut ini.

Aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022

1. Google Maps

Google Maps menjadi aplikasi yang wajib diunduh, terlebih jika Anda hendak menggunakan transportasi pribadi untuk mudik lebaran 2022.

Melalui Google Maps, Anda akan diberikan navigasi atau petunjuk ke suatu lokasi yang hendak dituju dengan akurat. Rekomendasi jalur tercepat untuk ditempuh menuju lokasi juga akan diberikan Google Maps untuk pengguna.

Selain itu, aplikasi ini akan memberikan informasi seputar tingkat kemacetan suatu lokasi agar bisa dihindari.
Bahkan jika Anda hendak menuju POM bensin, hotel, tempat perbelanjaan, ATM, bengkel mobil, atau restoran yang dekat dengan lokasi Anda, Google Maps bisa memberikan petunjuk jalan.

Pada beberapa ponsel Android, Google Maps sudah menjadi aplikasi bawaan sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.
Akan tetapi jika tidak ditemukan Google Maps di ponsel Anda, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

2. Peduli Lindungi

Hampir seluruh masyarakat Indonesia yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 memiliki aplikasi Peduli Lindungi.
Aplikasi ini berguna untuk melacak, menelusuri, dan memberikan peringatan yang berguna untuk menekan angka penyebaran covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Saat mudik lebaran, Anda harus memastikan bahwa aplikasi Peduli Lindungi telah terpasang di ponsel yang dibawa ke kampung halaman.

Tujuannya adalah untuk dijadikan bukti bahwa Anda telah melakukan vaksinasi covid-19 sesuai anjuran pemerintah di masa pandemi.

Melalui aplikasi ini, Anda hanya perlu melakukan pemindaian kode QR sebagai syarat memasuki suatu tempat atau lokasi.

3. Aplikasi pesan layanan bengkel

Jika terjadi kendala pada kendaraan pribadi selama mudik, Anda tak perlu khawatir karena kini banyak tersedia aplikasi penyedia layanan bengkel.

Dengan menggunakan aplikasi penyedia layanan bengkel, Anda bisa memanggil montir profesional melalui telepon untuk datang ke lokasi di mana kendaraan Anda mengalami masalah.
Anda bahkan bisa membeli suku cadang yang akan diantarkan langsung ke lokasi melalui aplikasi ini.

Jika Anda ingin mobil Anda ditangani oleh bengkel resmi, maka Anda harus mengunduh aplikasi Auto2000 Digiroom, Honda Care, DaihatsuKu, Halo Suzuki, hingga My Mitsubishi Motors ID.
Sebaliknya jika mobil Anda ingin diperbaiki oleh layanan bengkel dari pihak ketiga, Anda bisa mengunduh Otoklix dan Shop and Drive.


4. Info BMKG

Karena cuaca yang sedang tidak menentu, alangkah baiknya jika Anda memiliki Info BMKG sebagai aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022
Info BMKG akan memperlihatkan prediksi cuaca di setiap wilayah di Indonesia setiap jamnya.
Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur Cuaca Jalur Mudik yang berfungsi untuk memperlihatkan prakiraan cuaca di suatu wilayah yang menjadi jalur mudik lebaran.

Dengan memiliki aplikasi Info BMKG, Anda pun tak perlu khawatir saat melewati suatu wilayah di jalur mudik.
Bahkan saat terjadi bencana alam, Anda bisa mengetahuinya melalui notifikasi aplikasi tersebut.
Info BMKG bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

5. Aplikasi pesan tiket

Jika ingin menggunakan moda transportasi umum untuk mudik lebaran, Anda perlu mengunduh aplikasi pesan tiket di Google Play Store atau App Store.

Beberapa aplikasi pesan tiket yang populer di Indonesia adalah KAI Access, Traveloka, dan Tiket.com.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi penyedia layanan travel apabila Anda ingin perjalanan mudik yang lebih private.
Dengan memiliki aplikasi pesan tiket, Anda tak perlu datang ke stasiun, pelabuhan, atau bandara untuk memesan tiket transportasi umum karena semuanya bisa dilakukan hanya melalui ponsel.

Selain memesan tiket transportasi umum, beberapa aplikasi penyedia layanan pesan tiket online juga mempermudah pengguna yang ingin booking kamar hotel.

6. Aplikasi ojek online

Aplikasi ojek online akan sangat membantu Anda untuk mengantar atau menjemput ke atau dari suatu lokasi ke lokasi tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh transportasi umum.
Oleh sebab itu, ojek online menjadi aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022, terlebih jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi selama mudik lebaran.

Selain menjadi sarana transportasi, Anda bisa menggunakan aplikasi ojek online untuk memesan makanan jika Anda tidak mengetahui restoran atau rumah makan terdekat dari lokasi Anda saat mudik.

Terdapat beberapa aplikasi ojek online populer yang bisa Anda gunakan, yakni Gojek dan Grab yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

7. M-Banking

Aplikasi terakhir yang tak kalah penting untuk diunduh sebelum mudik lebaran adalah M-Banking.
Anda bisa mengunduh aplikasi M-Banking berdasarkan rekening bank yang Anda miliki saat ini.

Dengan memiliki M-Banking, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah jika melakukan transaksi saat mudik lebaran.
Tak hanya itu, aplikasi M-Banking akan berguna untuk mengisi saldo e-tol di tengah jalan saat Anda tidak menemukan ATM yang dekat dengan lokasi Anda.

Anda bisa meminta bantuan customer service masing-masing bank jika kesulitan mengunduh M-Banking di Google Play Store atau App Store.

Nah, itulah 7 aplikasi yang wajib diinstal sebelum mudik Lebaran 2022. Mana yang sudah diunduh?

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda