7 Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang, Jangan Langsung Panik!

Inas Rifqia Lainufar ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 19:55:00 WIB
7 Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang, Jangan Langsung Panik!
Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Bagaimana cara memperbaiki sinyal HP yang hilang? Pertanyaan ini tentu pernah terbesit pada pemilik telepon seluler.

Pasalnya, sinyal yang tiba-tiba hilang memang normal terjadi. Penyebabnya beraneka ragam, mulai dari faktor lokasi, cuaca, perbaikan jaringan, hingga perangkat yang mengalami gangguan.

Hilangnya sinyal HP tentu menjadi kondisi yang sangat menyebalkan. Terlebih jika seseorang sedang sangat membutuhkannya untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak jauh.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menyimak solusi di bawah ini, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Cara memperbaiki sinyal HP yang hilang

1.Restart HP

Cara pertama yang harus dilakukan saat sinyal hilang adalah dengan melakukan restart. Dengan cara ini, HP akan memulai kembali seluruh proses dari awal, termasuk mencari jaringan baru. Oleh sebab itu, lakukan restart sesuai dengan petunjuk dari HP masing-masing.

2.Cek SIM Card di slotnya

Apabila cara pertama tidak berhasil memunculkan sinyal di ponselmu, maka kamu perlu memastikan bahwa SIM card telah terpasang dengan benar di slotnya. Pasalnya, pemasangan SIM card yang salah membuat sinyal tidak bisa tertangkap.

3.Nonaktifkan data seluler

Jika SIM card telah terpasang dengan benar tetapi sinyal tak kunjung muncul, maka kamu perlu menonaktifkan sementara data seluler di ponselmu. Dengan ini, sinyal akan lebih cepat untuk dikembalikan. Usai menunggu beberapa saat, kamu bisa mengaktifkan kembali data seluler dan memastikan bahwa sinyal sudah kembali normal.

4.Aktifkan mode pesawat

Aktifkan mode pesawat sesuai dengan panduan masing-masing ponsel. Cara ini akan membuat ponsel mengembalikan sinyal HP yang hilang. Tunggu beberapa saat lalu nonaktifkan kembali mode pesawat tersebut.

5.Temukan lokasi yang tepat untuk menangkap sinyal

Jika seluruh cara di atas masih belum bisa mengatasi permasalahanmu, kamu perlu berpindah lokasi. Seperti yang telah dijelaskan, sinyal 
bisa saja tidak ditemukan di tempat tertentu.

Sebagai contoh, kamu bisa keluar dari rumah untuk menangkap sinyal di ponselmu apabila sinyal di ponselmu hilang saat kamu berada di dalam rumah. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda