Android 10 Go Edition Akan Sambangi Ponsel Nokia Tahun Depan

Dini Listiyani ยท Senin, 30 September 2019 - 12:01 WIB
Android 10 Go Edition Akan Sambangi Ponsel Nokia Tahun Depan

Ponsel Nokia bakal dapat pembaruan Android 10 Go Edition (Foto: Google)

FINLANDIA, iNews.id - Google sudah mengumumkan kehadiran Android 10 Go Edition. Salah satu produsen smartphone yang akan mendapat sistem operasi terbaru Android Go ini adalah Nokia.

Kehadiran Android 10 Go Edition ke perangkat Nokia dikonfirmasi oleh HMD chief product officer Juho Sarvikas. Lewat cuitan di Twitter, Sarvikas mengonfirmasi Nokia 1 Plus, Nokia 2.1, dan Nokia 1 akan mendapatkan pembaruan Android 10 Go Edition.

Dikutip 9to5Google, Senin (30/9/2019), roadmap mengungkap ponsel pertama yang akan mendapat pembaruan adalah Nokia 1 Plus, dengan timeframe Q1 2020. Nokia 2.1 dan Nokia 1 diperkirakan akan mendapat pembaruan pada Q2 2020.

HMD memiliki rekam jejak yang kuat dalam menyediakan pembaruan tepat waktu. Tapi, masih harus dilihat lagi apakah rumah bagi ponsel Nokia ini akan menyediakan pembaruan tepat waktu.

Seperti diketahui, Android 10 Go Edition menawarkan kecepatan dan kinerja yang lebih baik bagi mereka yang mempunyai perangkat kelas entry-level. Google mengklaim, peluncuran aplikasi dapat mencapai 10 persen lebih cepat dibanding versi Android Pie saat ini.

Dari segi keamanan, Android 10 Go Edition mengadopsi Adiantum, bentuk enkripsi yang dibuat untuk perangkat lower power yang diperkenalkan Google awal tahun ini. Adiantum ini memungkinkan perangkat yang terbatas resource mengenkripsi data tanpa memengaruhi kinerja.

Android 10 Go Edition akan dirilis pada musim gugur ini. Android Go berbasis OS terbaru ini akan tersedia di lebih dari 1.600 perangkat dari berbagai produsen smartphone.


Editor : Dini Listiyani