Apple Event Digelar Secara Virtual, Ini Produk yang Dirilis

Siska Permata Sari ยท Selasa, 15 September 2020 - 17:49 WIB
Apple Event Digelar Secara Virtual, Ini Produk yang Dirilis

Apple Event Digelar Secara Virtual. (Foto: 9to5mac)

JAKARTA, iNews.id - Minggu lalu, Apple secara resmi menetapkan tanggal panggung virtual untuk acara tahunan pada September. Apple Event kali ini mengusung tema ‘Time Flies’ dan prediksinya akan meluncurkan beberapa perangkat keras terbaru.

Acara spesial Apple tahun ini berlangsung pada Selasa (15/9/2020) waktu setempat atau Rabu 16 September dini hari dalam zona waktu Jakarta.

Tahun 2020 juga menjadi sejarah karena pertama kalinya Apple Event tahunan digelar secara virtual. Hal ini karena masih adanya pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020 ini.

Kabar baiknya di acara tahunan ini, Apple akan meluncurkan beberapa produk perangkat keras terbaru. Tetapi, kabar kurang menyenangkannya adalah kemungkinan Apple belum akan merilis seri iPhone 12 di Apple Event pada September ini.

Diperkirakan, iPhone 12 dan jajarannya akan diluncurkan pada Oktober mendatang. Lalu jika bukan iPhone 12? Apa saja yang dirilis? Berikut daftarnya seperti dilansir dari 9to5Mac, Selasa (15/9/2020).

IPad Air baru

IPad Air diharapkan mendapatkan desain ulang besar-besaran tahun ini. Menurut pamflet yang bocor dari bulan lalu, Apple dilaporkan telah mengembangkan iPad Air 4, yang sangat mirip dengan iPad Pro.

Berdasarkan bocoran tersebut, desain IPad Air menampilkan layar edge-to-edge tanpa tombol Home dan akan mempunyai Touch ID di tombol samping pada iPad Air. Bloomberg melaporkan bahwa iPad baru dengan layar edge-to-edge akan menjadi salah satu titik fokus acara 15 September.

Apple Watch Series 6

Selain iPad Air baru, acara bulan September juga diharapkan akan mencakup pengumuman Apple Watch Series 6. Apple Watch tahun ini akan sangat fokus pada fitur kesehatan baru. Kode yang ditemukan dalam iOS 14 oleh 9to5Mac menunjukkan bahwa Apple Watch akan menambahkan deteksi tingkat oksigen darah.

9to5Mac juga menemukan bukti di iOS 14 bahwa Apple sedang bekerja untuk meningkatkan fitur elektrokardiogram dengan Apple Watch Series 6. Laporan menunjukkan bahwa tidak ada perubahan besar pada desain Apple Watch Series 6, dan kabarnya akan mengikuti bentuk umum yang serupa Seri 4 dan Seri 5.

Apple Watch versi lebih murah

Tak sampai di situ, Bloomberg melaporkan minggu lalu bahwa Apple merencanakan Apple Watch kelas bawah untuk tahun ini. Laporan tersebut menjelaskan bahwa Apple Watch kelas bawah akan berfungsi sebagai pengganti Apple Watch Series 3 yang dibanderol seharga 199 dolar AS.

Tanggal rilis perangkat lunak

Walau katanya tak ada iPhone 12, pengguna iPhone akan merasakan sensasi menggunakan ponsel baru dengan kehadiran iOS 14. Di acara ini, Apple kemungkinan akan menawarkan detail tambahan di iOS 14, watchOS 7, iPadOS 14, dan tvOS 14.

Minggu ini, Apple merilis iOS 14 beta 8 untuk pengembang dan pengguna beta publik. Ini bisa jadi merupakan versi beta terakhir dari iOS 14. Sejarah menunjukkan bahwa versi master iOS 14 akan dirilis setelah acara khusus Apple pada 15 September.

Editor : Tuty Ocktaviany