Apple Garap Chip M3, Diperuntukan untuk Mac Tahun Depan

Dini Listiyani · Selasa, 28 Juni 2022 - 13:18:00 WIB
Apple Garap Chip M3, Diperuntukan untuk Mac Tahun Depan
Apple Garap Chip M3, Diperuntukan untuk Mac Tahun Depan (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Apple baru-baru ini mengumumkan chipset Apple Silicon M2 dan meluncurkan beberapa MacBook yang didukung prosesor baru. Perusahaan diprediksi meluncurkan beberapa perangkat lagi akhir tahun ini. 

Kini, laporan Bloomberg mengungkapkan Apple telah mulai mengerjakan chip M3 generasi berikutnya. Bersamaan dengan jadwal rilis untuk prosesor Apple Silicon M3, perusahaan juga mengatakan chip baru akan memberikan daya pada empat perangkat Mac tahun depan. 

Keempat perangkat itu menckup MacBook Air 13 inci (J513), MacBook Air 15 inci (J515), dan MacBook iMac (J433). Ada juga MacBook 12 inci tapi perangkat ini masih dalam pengembangan awal dan tidak banyak yang diketahui tentangnya.

Sebelum meluncurkan chipset M3 tahun depan, Apple diperkirakan akan meluncurkan beberapa chip seri M2 lagi tahun ini, yang dapat mencakup M2 Pro, M2 Max, M2 Ultra, dan M2 Extreme. Perusahaan diprediksi meluncurkan headset AR/MR pertamanya yang ditenagai prosesor Apple M2, bersama dengan model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci baru yang ditenagai chip M2 Pro dan M2 Max. 

Setelah itu, perusahaan dapat mengumumkan Mac Pro yang didesain ulang yang ditenagai chip M2 Ultra dan M2 Extreme. Saat ini, tidak ada informasi yang tersedia tentang prosesor Apple Silicon M3 baru tetapi kemungkinan akan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). 

Chip M1 dan M2 dibuat menggunakan proses 5nm tetapi jika chip M3 diproduksi menggunakan proses 3nm, maka chip tersebut dapat menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi yang signifikan, sebagaimana dikutip dari Gizmo China.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda