Apple Luncurkan Aplikasi Mobile Khusus untuk Komunitas Pengembang

Dini Listiyani ยท Kamis, 21 November 2019 - 12:00 WIB
Apple Luncurkan Aplikasi Mobile Khusus untuk Komunitas Pengembang

Apple meluncurkan aplikasi mobile khusus. (Foto: Techcrunch)

CUPERTINO, iNews.id - Apple meluncurkan aplikasi baru yang ditujukan untuk komunitas pengembang. Aplikasi ini adalah perluasan dari WWDC apps untuk Worldwide Developer Conference (WWDC) Apple yang sekarang akan diganti.

Saat ini, informasi pengembang tersebar di situs web Apple dan tempat lainnya. Sekarang informasi pengembang akan tersedia dalam satu pengalaman aplikasi seluler yang ramping.

Ketika diluncurkan, aplikasi Apple Developer mungkin tidak memiliki semua yang dapat ditemukan di website Apple's Developers. Tapi, penawarannya akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Sebagai contoh, hari ini Anda akan menemukan informasi teknis dan lebih dari 600 video. Tapi, Anda tidak akan menemukan hal-hal seperti Developer Forums atau cara untuk menghubungkan program Apple Developer lokal, seperti App Accelerators, Design Labs, atau Developer Academies.

Peluncuran aplikasi ini muncul ketika Apple fokus pada pertumbuhan komunitas pengembang internasionalnya melalui investasi di akademi dan akselerator pengembang lokal, suatu upaya yang telah membuahkan hasil. Misalnya, selama setahun terakhir, komunitas pengembang di Indonesia meningkatkan keanggotannya sebesar 60 persen usai pembukaan dua fasilitas Developer Academy pada 2019.

Di Brasil, lokasi asli untuk Developer Academy Apple tumbuh sekitar 50 persen tahun ini. Sedangkan di India, lokasi lab akselerator pertama Apple, komunitasnya tumbuh sebesar 45 persen.

Area lain yang menumbuhkan basis pengembang mereka tahun ini mencakup Inggris (naik 40 persen), Prancis (30 persen), Italia (28 persen), dan China (17 persen). Dalam melayani wilayah ini, Apple menemukan beberapa pengembang cenderung membuka aplikasi dibanding E-mail, yang merupakan alasan lain mengapa raksasa asal Cupertino ingin menawarkan developer resource yang dioptimalkan untuk seluler.

Dengan memusatkan semua konten ini dalam suatu aplikasi, informasi pengembang menjadi mudah diakses. Aplikasi App Developer sedang soft-launched di semua pasar seluruh dunia.

Tapi, tool manajemen program keanggotan Apple Developer hanya untuk Amerika Serikat saat ini. Apple menganggap ini sebagai versi 1 dan bertujuan untuk mendapatkan feed back pengembang saat diperluas. Aplikasi Apple Developer tersedia di iOS yang mencakup Apple Watch dan iMessage.

Editor : Tuty Ocktaviany