Cegah Virus Korona, Perhatikan Kebersihan Smartphone

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 18:39 WIB
Cegah Virus Korona, Perhatikan Kebersihan Smartphone

Rata-rata orang menyentuh layar smartphone lebih dari 2.000 kali sehari. Jadi tidak mengherankan ponsel dapat menampung banyak virus, bakteri dan kuman. (Foto: Oppo)

JAKARTA, iNews.id – Penyebaran virus korona atau novel coronavirus (Covid-19) yang semakin masif patut diwaspadai. Selain pola hidup sehat, kebersihan barang yang kerap dibawa sehari-hari seperti smartphone juga patut diperhatikan.

Sebagai gambaran, rata-rata orang menyentuh layar smartphone lebih dari 2.000 kali sehari. Jadi tidak mengherankan ponsel dapat menampung banyak virus, bakteri dan kuman. Layar dan bodi smartphone rentan kotor dan biasanya pengguna sering lupa menjaga kebersihannya.

“Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus korona. Justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri sendiri. Salah satunya dengan menjaga smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri,” ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A, dalam keterangan tertulisnya yang dilansir iNews.id, Minggu (8/3/2020).

Dia menuturkan meski smartphone bukan menjadi media perantara bagi virus korona, pengguna tetap perlu memperhatikan kebersihan peranti. Kebiasaan seperti menyentuh muka, hidung dan mulut sehabis memegang ponsel yang kotor berpotensi membawa dampak buruk bagi tubuh.

Tetesan kecil dari batuk dan bersin orang yang telah terinfeksi dapat membawa virus korona baru sejauh satu hingga dua meter. Ini yang patut diwapadai.

OPPO merekomendasikan pengguna untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Pengguna smartphone juga dapat menggunakan tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut.

"Hindari membersihkan layar smartphone dengan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat. Ini justru bisa merusak elemen pelapis layar. Pembersih sinar UV-C juga bisa digunakan untuk menjangkau bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone," kata Aryo.

Editor : Dani Dahwilani