Hengkang dari Apple, Ini Deretan Produk Hasil Karya Jony Ive

Dini Listiyani ยท Sabtu, 29 Juni 2019 - 11:01 WIB
Hengkang dari Apple, Ini Deretan Produk Hasil Karya Jony Ive

CEO Apple Tim Cook dan Jony Ive saat melihat Mac Pro (Foto: Cnet)

CUPERTINO, iNews.id - Chief Designer Apple Jony Ive memutuskan meninggalkan perusahaan setelah bekerja selama 30 tahun lebih di sana. Ive rela meninggalkan Apple demi meluncurkan proyeknya sendiri bernama LoveFrom tahun depan.

Jony Ive menjadi kolaborator kreatif paling terpercaya dari pendiri Apple, Steve Jobs. Berkat tangan dinginnya, Apple memiliki produk minimalis dan mudah digunakan tanpa meninggalkan estetika modern.

Ive adalah orang di balik perangkat iMac berwarna permen yang diluncurkan pada 1998. Selain itu, dia juga sukses merancang banyak produk Apple lainnya dan berikut daftarnya, seperti dirangkum iNews.id dari Gizmo China, Sabtu (29/6/2019).

iMac G4 computer
Jony Ive bersama Apple membangun perangkat futuristik. Dia terus berinovasi dalam desain baru untuk Apple. Setelah iMac G3, Jony mengecilkan ukuran komputer dan mendesain iMac G4 Computer. Belakangan ini, dia terus mengimprovisasi desain baru dan berhasil mencapai ketipisan beberapa milimeter.

iBook G4 Laptop
Sebelum MacBook, iBook lebih dulu memikat dunia berkat bentuknya yang compact dan desain menarik. Jony Ive adalah orang di balik laptop putih dengan casing lebih ramping.

iBook G4 Laptop membawa keyboard, mouse, dan baterai untuk portabilitas. Bukannya memperkenalkan laptop berwarna cerah, perusahaan mengemas iBook G4 dengan warna putih dan bentuk round-edged.

iPod Music Player
Siapa yang tidak mengetahui iPod? Mungkin kebanyakan dari Anda mengetahui perangkat pemutar musik ini mengingat sempat populer beberapa tahun lalu.

iPod Music Player berhasil menggantikan Sony Walkman dan pemutar CD lainnya. iPod memiliki ukuran lebih kecil, ringan, dan membawa suara yang lebih baik serta ruang penyimpanan yang besar.

iPod Mini
Alaan di balik popularitas iPod adalah desainnya yang mengesankan. Apple meminimalkan iPod di bawah bimbingan Jony Ive dan meluncurkannya sebagai iPod Mini. Perangkat yang dibalut warna menarik berhasil menerima respons positif di kalangan pencinta musik. Ukurannya yang kecil dan ringan membatnya istimewa, dan bahkan Steve Jobs memuji perangkat pemutar musik ini.

iPhone
Ketika kebanyakan perangkat menggunakan keyboard fisik, Apple justru memperkenalkan iPhone generasi pertama dengan layar sentuh. Pada saat itu banyak orang yang kagum dengan iPhone generasi pertama ini yang diluncurkan dengan banyak fitur inovatif.

iPhone membentuk seluruh industri smartphone menjadi dimensi yang berbeda. Semua orang kagum saat Steve Jobs memperkenalkan perangkat layar sentuh 3,5 inci. Perangkat tersebut adalah mahakarya lain yang dibuat oleh Jony Ive.

iPad
Setelah mengembangkan perangkat dengan form factor yang berbeda, raksasa teknologi berbasis di Cupertino ini mengembangkan iPad dengan ukuran layar yang besar, menggantikan laptop untuk entertainment dan keperlukan pekerjaan.

iPad generasi pertama memiliki ukuran layar 9,7 inci, tapi tetap stylish, ramping, dan juga ringan saat digenggam oleh tangan. iPad adalah salah satu proyek utama setelah peluncuran iPhone yang dilewati Jony Ive dengan warna cerah.

iOS 7
Selain menciptakan desain perangkat Apple, Jony Ive juga pernah merancang software. Dia membantu Apple dalam menciptakan pembaruan iOS 7 pada 2013.

Ive mengubah tampilan, gaya, dan urutan keseluruhan sistem operasi iOS. iOS 7 membawa beberapa perubahan, termasuk notifikasi transparan, warna lembut, dan beberapa modifikasi lainnya. Dia menunjukkan kepada pengguna perspektif yang berbeda untuk menjadikannya lebih sederhana, tertatur, dan indah.

Apple Watch
Produk lain yang lahir dari tangan Jony Ive adalah Apple Watch. Perangkat yang diluncurkan untuk pertama kalinya pada 2014 membawa tubuh stainless steel, rectangular screen, digital crown, dan strap yang bisa diganti.

Jam tangan pintar Apple disebut sebagai salah satu item wearable yang paling stylish pada saat itu. Perangkat yang powerful dan personalized ditujukan untuk memengaruhi gaya hidup pengguna sehari-hari.

Apple Park
Kantor besar dan mengesankan Apple ternyata juga dirancang oleh Jony Ive. Dia menuangkan beberapa ide luas untuk membuat kantor yang berbeda. Dia memvisualisasikan masa depan melalui kantor baru Apple, yang dibuka untuk karyawan pada 2017.

Kantor baru Apple dibangun di area 2.800.000 kaki persegi, yang menampung lebih dari 12.000 karyawan. Bangunan bundar ini memiliki keliling 1 mil atau 1,6 km.

Jony Ive selalu menunjukkan dimensi desain yang berbeda melalui karyanya. Dia berinovasi dan mereformasi tampilan ponsel dan gadget pintar lainnya. Ive tidak hanya merancang produk, tapi menciptakan raksasa Cupertino.

Editor : Dini Listiyani