Ingin Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android? Coba Gunakan Cara Ini

Dini Listiyani ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 12:01 WIB
Ingin Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android? Coba Gunakan Cara Ini

Ingin mengembalikan foto yang terhapus di Android? coba gunakan cara ini (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Menghapus foto secara tak sengaja kerap terjadi pada pengguna smartphone. Bila foto penting tak sengaja terhapus sebaiknya Anda jangan panik terlebih dulu.

Panik tidak akan menyelesaikan permasalahan Anda yang kehilangan foto penting tanpa sengaja. Anda lebih baik bertindak untuk mengembalikan foto yang terhapus tanpa sengaja.

Sebenarnya ada sejumlah cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Nah, berikut ini tipsnya untuk Anda:

Recover Foto Menggunakan Aplikasi Khusus
Pada dasarnya di Play Store banyak menyediakan aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus. Namun, Anda bisa mencoba menggunakan DiskDigger photo recovery. Usai diunduh di Play Store, jalankan aplikasi tersebut pada smartphone Anda.

Begitu mendapatkan aplikasi, matikan Wifi dan koneksi data di ponsel. Tujuannya adalah saat data terhapus, baik foto, musik, atau dokumen, tidak dihapus. Pengguna juga perlu menonaktifkan semua aplikasi cleaning ponsel karena dapat menghapus file yang Anda hapus secara permanen, sehingga tidak dapat dipulihkan.

Jika Anda baru-baru ini menghapus foto, DiskDigger seharusnya dapat menemukannya. Lalu, Anda akan diberi opsi apakah akan mengembalikannya ke folder di perangkat atau mencadangkannya ke layanan cloud.

Bila DiskDigger tidak bisa menemukan foto, coba masuk ke pengaturannya dan menghapus centang pada faktor ukuran file minimum yang mengungkapkan foto yang telah dihapus.

Dikutip dari Android Pit, Minggu (12/1/2020), perlu diingat, pada perangkat yang tidak di-rooting, DiskDigger memiliki kemampuan terbatas untuk memulihkan gambar dari cache thumbnail. Artinya, gambar tersebut kemungkinan memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding aslinya.

Untuk memulihkan foto seperti aslinya diperlukan ponsel yang telah di-rooting dan mendapatkan aplikasi DiskDigger versi Pro.

Setelah memulihkan foto, Anda harus memastikan ini tidak pernah terjadi lagi. Mencegah akan lebih baik dibanding mengobati, jadi pastikan untuk mem-backup foto Anda terlebih dulu.


Editor : Dini Listiyani