Kurangi Ketergantungan, Apple Gandeng TSMC Bikin Modem 5G Sendiri

Dini Listiyani · Kamis, 25 November 2021 - 15:10:00 WIB
Kurangi Ketergantungan, Apple Gandeng TSMC Bikin Modem 5G Sendiri
Kurangi Ketergantungan, Apple Gandeng TSMC Bikin Modem 5G Sendiri (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple dilaporkan dalam pembicaraan dengan raksasa manufaktur semikonduktor Taiwan TSMC untuk memproduksi chip 5G. Chip itu nanti akan diperuntukan untuk produk Apple generasi berikutnya. 

Menurut Nikkei Asia, langkah Apple ditujukann untuk mengurangi ketergantungan Apple pada Qualcomm untuk chip seluler 5G. Generasi pertama modem 5G in-house dari Apple kemungkinan akan didasarkan pada proses manufaktur 4nm baru TSMC. 

Saat dikembangkan, chip tersebut akan menggabungkan komponen rancangan Apple untuk frekuensi radio dan gelombang milimeter. Apple juga telah mulai mengerjakan chip manajemen daya yang dirancang khusus untuk bekerja dengan modem ini. Produksi massal modem 5G Apple ini akan dimulai pada tahun 2023.

Sementara Apple telah merancang sistemnya sendiri pada chip (SoCs) selama lebih dari satu dekade sekarang, perusahaan biasanya menghindar membuat modem seluler. Pabrik iPhone dan iPad saat ini menggunakan modem berkemampuan 5G yang bersumber dari Qualcomm — dipasok kepada mereka sebagai bagian dari kesepakatan enam tahun yang ditandatangani kedua perusahaan pada 2019.

Sementara perjanjian Apple dengan Qualcomm tidak akan berakhir hingga 2025, Apple telah meletakkan dasar untuk memastikan modem internalnya akan siap dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai bagian dari rencana jangka panjangnya, Apple pertama-tama menyelesaikan semua sengketa paten dengan Qualcomm dan menandatangani kesepakatan jangka panjang tersebut. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: