Libur Lebaran 2019, Tri Alami Kenaikan Trafik Data 40 Persen
Selain itu, peningkatan juga terjadi pada pembelian mobile games sebesar 100 persen dan mendorong kenaikan trafik Mobile Legends hingga 155 persen. Di samping melakukan streaming dan bermain game, Tri juga melihat pelanggannya aktif bermedia sosial melalui Facebook dan Instagram serta menyampaikan salam Idul Fitri di aplikasi WhatsApp yang melonjak sekitar 35 persen.
Sekadar informasi, Tri telah mempersiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur lebaran. Hal itu ditandai dengan perluasan jangkauan jaringan internet berteknologi 4G/4.5G Pro hingga ke lebih dari 10.000 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota serta kabupaten.
Optimalisasi juga telah dilakukan di jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik sesuai anjuran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika seperti jalur kereta api Solo-Yogyakarta,-Semarang, rute Jakarta-Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta-Merak-Palembang, dan kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, serta Padang.
Selain itu, Tri juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data tidak terpusat.
"Dengan diberlakukan sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas, serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar," ujar Desmond.
Editor: Dini Listiyani