Microsoft Kembangkan Chip Berbasis ARM untuk Surface PC

Dini Listiyani ยท Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:06:00 WIB
Microsoft Kembangkan Chip Berbasis ARM untuk Surface PC
Microsoft Surface (Foto: Microsoft)

REDMOND, iNews.id - Apple bukan satu-satunya perusahaan yang ingin mengurangi ketergantungan pada Intel. Microsoft juga menjadi salah satu perusahaan yang ingin mandiri. 

Menutur Bloomberg, Microsoft sedang mengembangkan prosesor ARM internal untuk memberi daya pada perangkat Surface dan infrastruktur cloud-nya. Meski belum banyak detail tentang proyek itu, Bloomberg melaporkan, perusahaan sedang mengerjakan chip yang rencananya akan digunakan di pusat datanya. 

Microsoft juga menjajaki opsi untuk menggunakan desain yang sama dalam jajaran Surface komputernya, meskipun mereka lebih cenderung menggunakan prosesor dalam konteks cloud daripada di komputernya.

Untuk diketahui, Microsoft saat ini menggunakan prosesor berbasis Intel hampir secara eksklusif untuk menjalankan layanan cloud Azure. Pembuat chip dominan di ruang server, menguasai 90 persen pangsa pasar. Berita perkembangan tersebut menyebabkan saham perusahaan turun sekitar 6,3 persen sebelum perdagangan ditutup untuk hari itu.

“Karena silikon adalah blok bangunan dasar untuk teknologi, kami terus berinvestasi dalam kemampuan kami sendiri di berbagai bidang seperti desain, manufaktur, dan peralatan, sambil juga membina dan memperkuat kemitraan dengan berbagai penyedia chip,” kata juru bicara Microsoft, Frank Shaw dalam sebuah pernyataan kepada Engadget dan publikasi lainnya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2