Mudah Banget! Begini Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Riyandy Aristyo · Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:07 WIB
Mudah Banget! Begini Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Keyboard laptop (Foto: Unsplash/ Prince Oamil)

JAKARTA, iNews.id - Virus Covid-19 (corona) dipercaya mampu bertahan di sejumlah barang elektronik seperti laptop. Oleh karena itu, kebersihan laptop, terutama bagian keyboard juga wajib diperhatikan.

Sejumlah peneliti mengungkapkan, keyboard laptop 20.000 kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Bahkan, keyboard juga dapat menjadi rumah bakteri serta virus dalam kadar tinggi.

Jadi, Anda harus memberisihkan keyboard laptop sesering mungkin. Nah, berikut iNews.id berikan langkah-langkah membersihkan papan laptop agar terhindar dari virus corona yang sudah dirangkum, Sabtu (13/6/2020).

1. Laptop dalam kondisi mati

Saat ingin memulai bersih-bersih, pastikan kondisi laptop dalam keadaan mati. Cabut kabel charger dari sumber daya, bila perlu baterai juga di lepaskan.

2. Balik laptop dan goyangkan

Setelah laptop dalam kondisi mati, angkat laptop dan balikkan, kemudian goyangkan secara lembut untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang menempel.

3. Gunakan cairan dan kain khusus

Ambil microfiber dan basahi dengan cairan disinfektan sampai lembab dan jangan terlalu basah. Usahakan, cairan desinfektan yang memiliki kandungan alkohol 70 persen agar mampu membunuh semua virus termasuk Covid-19.

4. Bersihkan keyboard

Bersihkan papan keyboard dengan lap microfiber tadi secara perlahan hingga seluruh bagian. Bila perlu gunakan kuas atau sikat gigi untuk menembus bagian tersulit. Jangan lupa bersihkan pula area lain seperti layar, sasis, dan touchpad untuk menghilangkan virus. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan elastis atau plastik.

5. Keringkan laptop sebelum dinyalakan

Setelah permukaan papan keyboard dan area laptop bersih, pastikan kembali tidak ada bagian yang masih terlihat basah. Jangan menyalakan laptop bila masih ada cairan atau kelembaban yang tersisa di permukaan keyboard.

Setelah keyboard laptop bersih, jangan lupa bersihkan meja kerja dan perangkat lain seperti mouse, mouse pad dan ponsel. Perangkat-perangkat itu juga sering disentuh tangan sehingga juga berpotensi menjadi rumah banyak kuman, bakteri dan virus.

Editor : Dini Listiyani