Notifikasi iPhone Tidak Ada Layanan Muncul? Begini Cara Mengatasinya
JAKARTA, iNews.id - Notifikasi iPhone Tidak Ada Layanan cukup mengganggu pengguna. Pasalnya jika ada pemberitahuan tersebut, iPhone tidak bisa terhubung dengan jaringan seluler.
Jika menemui masalah ini, pengguna tidak bisa menelpon, mengirim pesan, hingga mengakses internet. Oleh sebab itu, adanya masalah tersebut harus diidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu untuk mencari solusinya.
Adapun solusi dari adanya notifikasi ‘iPhone Tidak Ada Layanan’ berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut.
Adanya notifikasi ‘iPhone Tidak Ada Layanan’ bisa saja disebabkan karena ponsel sedang berada di luar jangkauan operator seluler. Dengan demikian, iPhone sulit untuk menangkap sinyal di area tersebut.
Solusinya tentu saja berpindah ke tempat yang berada di jangkauan operator seluler yang digunakan. Namun jika solusi tersebut masih sulit untuk diterapkan, pengguna bisa mengganti kartu SIM dari operator seluler lain.
Ketika terdapat bug pada iOS, maka notifikasi ‘iPhone Tidak Ada Layanan’ bisa saja muncul. Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan update software.
Caranya hanya dengan mengakses menu Pengaturan lalu pilih opsi untuk meng-update software. Pastikan lakukan update secara berkala agar terhindar dari masalah seperti ini.
Selain karena perangkat lunak, masalah pada perangkat keras juga bisa menjadi penyebab munculnya notifikasi ‘iPhone Tidak Ada Layanan’. Pasalnya, kerusakan hardware ini dapat menghambat iPhone menangkap sinyal dari operator seluler.
Dalam hal ini, pengguna bisa membawa iPhone ke service center. Gunakan kartu garansi saat melakukan servis.
Tak semua penyebab notifikasi ‘iPhone Tidak Ada Layanan’ lantaran hardware yang rusak. Pasalnya, bisa saja SIM card dalam iPhone yang mengalami kerusakan.
Maka untuk memastikan hal tersebut, pengguna bisa memeriksa masa aktifnya. Namun jika masa aktif masih lama, pengguna dapat mengecek kartu SIM secara fisik.