Pembuat Film Star Wars Bikin Film Pendek Menggunakan iPhone 11 Pro

Dini Listiyani ยท Jumat, 04 Oktober 2019 - 14:01 WIB
Pembuat Film Star Wars Bikin Film Pendek Menggunakan iPhone 11 Pro

iPhone Digunakan untuk merekam film (Foto: Cnet)

CUPERTINO, iNews.id - Smartphone Apple sudah beberapa kali digunakan untuk membuat film. Smartphone Apple tahun ini, iPhone 11 Pro, kembali digunakan untuk membuat sebuah film.

Apple memberikan sejumlah peningkatan ke iPhone 11 Pro. Bukan hanya dari segi kamera, tapi juga masa pakai baterai yang menyertainya. Dengan fitur-fitur baru, pembuat film bisa lebih banyak pilihan untuk berkarya.

Guna menguji gagasan itu, Apple memberikan iPhone 11 Pro ke Rian Johnson, orang yang membuat Star Wars: The Last Jedi dan Knive Out yang segera keluar.

Selain Rian, Apple juga memberikan iPhone 11 Pro ke George Nolfi, orang yang membuat Adjustment Bureau dan The Banker. Baik Rian maupun George menggunakan iPhone 11 Pro untuk membuat mini short film.

Rian membuat Paris 9/19. Film ini menampilkan perjalanan singkat menyenangkan dan indah yang terdiri atas bidikan Paris yang diiri oleh musik piano.

Berbeda dengan Rian, George memilih membuat comic short film Tough Crowd. Film ini fokus pada anak kecil yang melakukan trik dengan bola sepak, mencoba mengesankan beberapa penonton.

"Sangat menyenangkan shooting proyek di ponsel karena tahu saya memiliki tiga lensa untuk dipilih. Rasanya seperti produksi hibrida, memiliki keunggulan ponsel tapi dengan beberapa tool kreatif utama pembuatan film studio tradisional," kata George yang dikutip dari Cnet, Jumat (4/10/2019).

Rian dan George bukan satu-satunya pembuat film yang memiliki fleksibilitas yang diberikan iPhone kepada mereka. Penulis, director, dan cinematographers generasi baru juga tengah belajar merekam film dengan iPhone.

"Saya melakukan ini untuk memerangi creep berbahaya dari apa yang saya sebut pixel porn," kata Directing Professor di School of Filmmaking University of North Carolina School of the Arts Patrick Read Johnson.

iPhone telah menjadi kamera miniDV atau Super 8 untuk generasi berikutnya. Sebelumnya sejumlah director sudah merekam film mereka menggunakan iPhone. Misalnya, Steven Soderbergh merekam film Unsane dengan iPhone 7 Plus dan film Netflix High Flying Bird menggunakan iPhone 8.


Editor : Dini Listiyani