Penuhi Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Blibli Kantongi Sertifikat ISO 27001

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 14:43 WIB
Penuhi Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Blibli Kantongi Sertifikat ISO 27001

Blibli kantongi sertifikat ISO 27001. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Blibli.com mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013. Sertifikasi tersebut menunjukkan Blibli.com telah memenuhi keseluruhan standar terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce.

ISO/IEC 27001 pada awalnya merupakan British Standard 7799 yang diadopsi menjadi standar yang diakui oleh 164 negara di dunia. Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah, diperlukan proses panjang.

"Blibli.com telah mendapatkan sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh," kata Managing Director BSI Indonesia Erna Damayanty di kantor Blibli.com, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Blibli.com mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001 karena dianggap sudah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API) untuk memastikan ketahanan Blibli.com pada keamanan data, baik korporat maupun pelanggan.

"Melalui standarisasi ini, Blibli.com juga ingin semakin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce mulai dari pelaku hingga pelanggan akan pentingnya mengutamakan data, bukan hanya data pelanggan tapi juga korporat," kata Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com Ongkowijoyo.

Meski sudah mendapatkan sertifikat ISO 27001, Ongko mengaku tidak ada terget pelanggan yang ingin dicapai. Dia kembali menekankan pihaknya hanya ingin keamanan data pelanggan data tetap aman.

"Tugas dari kita (tim infrastruktur) untuk memastikan bisnisnya bisa berkambang dengan baik, growth-nya cepat, dan tidak ada problem yang akan mengganggu bisnis itu sendiri," kata Ongko.

Blibli.com tidak hanya menerima sertifikat ISO/IEC 27001: 2013 saja, e-commerce juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN. Indeks KAMI adalah alat untuk menganalisa dan mengevaluasi penerapan keamanan informasi pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Selain Blibli, BSSN dan berharap PSE e-commerce juga dapat melakukan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan tersertifikasi ISO 27001. Mengingat, keamanan siber saat ini mejadi tantangan di industri digital Indonesia.

Ancaman siber bisa menyasar perusahaan penyedia produk atau jasa digital dengan tujuan mendisrupsi pengoperasian bisnis. Selain itu, ancaman siber juga bisa bertujuan untuk mengakses data para pengguna produk atau jasa digital tersebut untuk mencuri atau menjual identitas para pengguna ke pihak ketiga.

Editor : Tuty Ocktaviany