Pria Alaska Ini Selamat Gegara Fitur Emergency SOS, Begini Ceritanya

Wiwie Heriyani ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 17:04:00 WIB
Pria Alaska Ini Selamat Gegara Fitur Emergency SOS, Begini Ceritanya
Pria Alaska Ini Selamat Gegara Fitur Emergency SOS (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Apple menyematkan kemampuan berguna di iPhone 14 series yakni komunikasi melalui satelit jika Wifi atau layanan data tidak tersedia. Ternyata, fitur SOS tersebut benar-benar membantu menyelematkan nyawa orang. 

Sebagaimana dilaporkan dari MacRumors, seorang pria Alaska yang bepergian dengan mobil salju terdampar pada pukul 2 pagi. Dia menggunakan fitur Emergency SOS iPhone-nya untuk mengirimkan pesan darurat melalui satelit. 

Empat pencari sukarelawan dikirim ke koordinat yang dikirim oleh pria tersebut. Dia ditemukan tidak terluka dan diangkut ke tujuannya. Apple mencatat Emergency SOS melalui satelit mungkin tidak berfungsi di tempat di atas garis lintang 62 derajat. 

Menariknya, pria itu terdampar di garis lintang sekitar 66 derajat, di mana sebenarnya di luar jangkauan kerja yang dikutip Apple. Namun secara tak langsung ini menunjukkan betapa sebuah iPhone bisa menyelamatkan nyawa. 

Meski fitur saat ini tersedia gratis untuk pengguna seri iPhone 14 selama dua tahun, tapi tidak ada kabar tentang harga setelahnya. Fungsionalitas komunikasi satelit juga tersedia pada seri Huawei Mate 50 dan akan tersedia melalui T-Mobile pada akhir 2023. 

Samsung juga dikabarkan sedang mengerjakan fitur untuk jajaran Galaxy S23. Jadi, pengguna Android juga bisa ikut merasakan fitur canggi tersebut, sebagaimana dikutip dari Android Authority. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda