Pura-Pura Hamil, Perempuan Ini Selundupkan Ratusan Prosesor dan 9 iPhone

Tangguh Yudha ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 18:02:00 WIB
Pura-Pura Hamil, Perempuan Ini Selundupkan Ratusan Prosesor dan 9 iPhone
Perempuan Ini Selundupkan Ratusan Prosesor dan 9 iPhone (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Seorang perempuan ditangkap petugas bea cukai China karena menyelundupkan 202 prosesor Intel dan sembilan iPhone. Untuk melancarkan aksinya, perempuan itu melilitkan barang selundupannya di perut dan berpura-pura hamil. 

Aksi nekat perempuan itu diketahui petugas bea cukai di perbatasan Makau dan Zhuhai, kota di Provinsi Guangdong dekat Hong Kong. Petugas curiga karena tingkahnya yang aneh ketika melalui pemeriksaan Pelabuhan Gongbei. 

Sebagaimana dikutip dari TechSpot, Jumat (9/12/2022), perempuan tampak aneh saat sedang berjalan melalui bea cukai dengan mengenakan baju hamil berwarna coklat. Petugas pun memerhatikan postur tubuhnya tak biasa bagi perempuan hamil.

Karena curiga, petugas memisahkannya dari antrean dan menanyakan perempuan itu tentang kehamilannya. Perempuan itu pun mengaku sedang mengandung 5 bulan. Namun, petugas semakin curiga akibat melihat postur perutnya yang sangat besar seperti hamil 9 bulan.

Petugas akhirnya menepuk perempuan itu dan menemukan dia menggunakan perut prostetik untuk menyembunyikan tumpukan perangkat keras di bawahnya. Ketika dibuka, ternyata ada 202 prosesor intel dan sembilan iPhone yang dililitkan ke perutnya menggunakan lakban.

Temuan bea cukai ini difoto dan diunggah di media sosial. Dari foto itu tampak prosesor yang dibawa adalah model Intel berdasarkan paket LGA 1700, baik Alder Lake atau Rocket Lake. Untuk iPhone-nya kemungkinan adalah iPhone X atau XS.

Jika ditotal, nilai barang selundupannya ditaksir mencapai 100.000 dolar. Untuk diketahui, upaya penyelundupan sangat umum terjadi di perbatasan China mengingat pajak impor di wilayah tersebut terbilang tinggi. 

Sejumlah upaya penyelundupan dengan modus serupa juga telah dilakukan sebelum kasus ini mencuat. Pada Maret, pria dengan 160 CPU dan 16 ponsel lipat ditangkap di Pelabuhan Gongpei. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda