Realme 3, Smartphone Menengah dengan Performa Mumpuni

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 April 2019 - 17:38 WIB
Realme 3, Smartphone Menengah dengan Performa Mumpuni

Realme 3, smartphone menengah dengan performa mumpuni (Foto: Dini/ iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone kelas menengah sekarang memiliki banyak pilihan merek yang menawarkan spesifikasi berbeda. Salah satunya dari merek Realme.

Realme 3 telah keluar di Indonesia. Menyasar kalangan anak muda, smartphone yang satu ini dibanderol cukup murah, yakni mulai dari Rp1.999.000.

Meski dibanderol murah, spesifikasi yang ditawarkan di Realme 3 cukup mumpuni. Untuk lebih jelas, tim iNews.id mendapatkan kesempatan untuk melihat gadget ini lebih dalam.

(Foto: Dini/iNews.id)

Desain
Seperti kebanyakan smartphone kelas menengah lainnya, Realme 3 menggunakan body plastik. Tapi, body terlihat kokoh dan elegan.

Guna memberikan pengalaman full acreen, Realme 3 mengusung waterdrop notch di bagian atasnya. Smartphone juga memiliki sisi yang tebal di sebelah kanan dan kiri layar, tapi tidak di dagu atau bawah ponsel.

(Foto: Dini/iNews.id)

Realme 3 juga tampil sedernana, dengan bagian kanan pengguna terdapat tombol power. Sedangkan di kiri terdapat tombol volume dan rumah untuk slot micro SIM.

Beranjak ke bagian belakang, terlihat Realme 3 membawa dua kamera di pojok kanan atas bersama flash LED di bawahnya. Uniknya, di salah satu kamera terdapat ring kuning.

Masih di bagian belakang, Anda akan menemukan fingerprint yang bertengger di sana berbentuk bulat. Lalu di bagian bawah, ada headphone jack 3.5mm, microUSB, dan speaker.

Secara keseluruhan ponsel memiliki dimensi 156.1 x 75.6 x 8.3 mm dengan bobot 175 gram. Berbekal dimensi itu dan lekukan di sisi kanan dan kiri pada back panel, smartphone masih enak digenggam, serta nyaman dibawa kemana-mana.

Kemudian, bagian belakang ponsel meski terbuat dari plastik, tapi tidak licin. Hanya saja back panel meninggalkan bekas bercak tangan dan mudah gores.

 

(Foto: Dini/iNews.id)

Layar
Realme 3 dibekali dengan bentang layar 6.22 inci beresolusi 720 x 1520 piksel. Smartphone memiliki aspek rasio 19:9. Seperti dikatakan sebelumnya, Realme 3 memiliki warterdrop notch di bagian atasnya untuk rumah kamera depan. Karena berbentuk kecil, notch tidak begitu mengganggu pemandangan.

Layar pada Realme 3 juga telah dilapisi pelindung. Namun, pelindung yang digunakan pada Realme 3 adalah Corning Gorilla Galass 3 bukan yang terbaru.

Berbekal ukuran layar yang cukup lega, smartphone tidak terlihat besar. Sebaliknya sudut pandang smartphone menjadi lebih luas, sehingga nyaman digunakan untuk menonton dan bermain game.

Kinerja
Realme 3 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P60 di bagian dalamnya. Prosesor ditemani oleh RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Secara penggunaan sehari-hari, Realme 3 bisa diajak multitasking dengan baik. Selain itu, untuk bermain game seperti Mortal Kombat juga tidak lag dan tidak patah-patah.

(Foto: Screenshot Mortal Kombat)

Hanya saja saat belum begitu lama dimainkan, smartphone sedikit terasa panas. Di samping itu, daya tahan smartphone juga cukup awet karena kapasitas baterai cukup besar.

Realme 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.230 mAh dengan kemampuan fast charging 10W. Selain itu, smartphone juga memiliki mendukung USB On-the-Go yang bisa digunakan untuk memindahkan file dengan mudah.

Tidak hanya secara user experience, saya juga mencoba mengukur kinerja Realme 3 dari benchmark seperti AnTuTu dan Geekbench. Dari AnTuTu, Realme 3 berhasil mencetak skor 131.673. Sedangkan di Geekbench, Realme 3 berhasil mencetak skor single-core 1361 dan multi-core 4375.

(Foto Benchmark AnTuTu dan Geekbench)

Kamera
Realme 3 dibekali dengan dua kamera di bagian belakang. Masing-masing kamera memiliki sensor 13 MP dan 2 MP (depth sensor). Di bagian depan, Realme 3 dibekali dengan single sensor 13 MP.

Realme juga membenamkan sejumlah mode pada kameranya seperti Night Scape, Panorama, Expert, Time-Lapse, Slo-mo, beauty, portrait. Sedangkan untuk video, Realme menyediakan kemampuan merekam 1080p atau 720p.

Berbekal dengan mode dan sensor yang digunakan di Realme 3, pengguna sudah bisa mengambil gambar dengan cukup baik di siang dan malam hari.

Agar foto di malam hari lebih dramatis, coba gunakan Night Scape yang ada di mode kamera belakang. Mode Nigth Scape ini bisa membantu Anda mempertajam gambar.

(Foto malam hari, kanan dengan Night Scape dan kiri tanpa Night Scape)

Beralih ke kamera depan, tanpa menggunakan beauty hasil foto sudah cukup alami. Tapi jika ingin mempercantik diri, ada AI yang memungkinkan Anda mempercantik foto seperti membuat wajah lebih kecil, mata lebih besar, touch up, dan 3D.

(Foto kamera belakang saat siang hari)

Di samping itu, Realme 3 juga bisa diajak untuk berselfie di malam hari. Wajah Anda masih bisa terlihat jelas meskipun berfoto di kondisi minim cahaya.

(Foto selfie di malam hari, kanan menggunakan fitur beauty dan kiri tidak)

Kesimpulan
Bagi pengguna muda, Realme 3 bisa menjadi salah satu pilihan. Selain harganya yang murah, spesifikasi yang diusung juga cukup mendukung kegiatan sehari-hari karena menggunakan baterai berkapasitas besar.

Sesuai kelasnya, Realmi 3 dibalut dengan material plastik, sehingga jejak tangan bisa dengan mudah tertinggal di sana. Meski terbuat dari material plastik, balutan warna yang diberikan Realme cukup elegan.

Kemudian dari segi layar, Realme 3 mengeluarkan warna yang cukup tajam dan sensitif terhadap sentuhan. Lekukan di sisi kanan-kiri back panel ponsel juga membuatnya nyaman untuk digenggam.


Editor : Dini Listiyani