Samsung Galaxy A Quantum, Ponsel 5G dengan Tingkat Keamanan Tertinggi

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:08:00 WIB
Samsung Galaxy A Quantum, Ponsel 5G dengan Tingkat Keamanan Tertinggi
Samsung Galaxy A Quantum (Foto: SK Telecom)

SEOUL, iNews.id - Samsung dan SK Telecom resmi menghadirkan Galaxy A Quantum yang diklaim punya tingkat keamanan tertinggi. Hal ini lantaran ponsel tersebut sudah mengadopsi teknologi Quantum Random Number Generator (QRNG).

Dilansir dari Engadget, Sabtu (16/5/2020), suatu ponsel biasanya memiliki pola atau password berupa angka acak saat membuka sejumlah aplikasi, misalnya aplikasi pembayaran. Pola inilah yang sering menjadi incaran para hacker karena mudah dibobol.

Dengan chipset QRNG, angka acak tersebut dibuat menggunakan LED dan sensor CMOS, sehingga pola yang diterapkan tidak bisa diprediksi. Bahkan, SK Telecom berani menjamin, saat ini tidak ada teknologi yang bisa meretas chipset bernama SKT IDQ S2Q00 tersebut.

Tapi chipset tersebut hanya bisa meningkatkan keamanan di sejumlah aplikasi dan layanan milik SK Telecom saja, seperti SK Pay, login T ID dan Initial.

Seperti diketahui, Galaxy A Quantum adalah versi rebranded dari Galaxy A71 5G. Spesifikasinya juga sama yakni layar Super AMOLED Infinity-O berukuran 6,7 inch beresolusi Full HD+ dan sensor sidik jari di bawah layar.

Ponsel teraman itu dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, lensa ultra-wide 12 MP, lensa makro 5 MP dan depth sensor 5 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 32 MP.

Bicara performa, Galaxy A Quantum menggendong prosesor Exynos 980, RAM 8 GB dan memori internal 128 GB serta slot micro SD. Sedangkan pusat otaknya menggunakan sistem operasi Android 10 dengan One UI 2.0.

Tak lupa, fitur-fitur pendukung yang melengkapi ponsel ini antara lain 5G, Bluetooth 5.0, NFC, USB-C dan headphone jack 3,5 mm.

Ponsel dengan tenaga baterai 4.500 mAh dan pengisian cepat 25W ini hadir dalam tiga pilihan warna yakni biru, hitam dan silver. Penjualan pertamanya akan dilakukan di Korea Selatan pada 22 Mei 2020 dengan harga Rp7,8 juta.

Editor : Dini Listiyani