Samsung Hadirkan Sensor Kamera 50MP Berteknologi Dual Pixel dan Tetracell

Dini Listiyani ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 13:04 WIB
Samsung Hadirkan Sensor Kamera 50MP Berteknologi Dual Pixel dan Tetracell

Samsung umumkan sensor kamera 50MP (foto: Samsung)

SEOUL, iNews.id - Samsung mempunyai sensor kamera 50 MP yang disebut ISOCELL GN1. Sensor baru Samsung ini dipercaya dapat mengalahkan saudaranya yang mempunyai megapiksel tinggi.

Dikutip dari Mashable, Rabu (20/5/2020), GN1 adalah sensor pertama Samsung dengan teknologi Dual Pixel dan Tetracell. Tetracell ini menggabungkan informasi dari empat piksel yang berdekatan.

Artinya, ponsel yang dilengkapi dengan sensor 50MP seharusnya bisa mengambil foto 12,5 MP dan tampak bagus dalam skenario cahaya rendah. Pasalnya, GN1 memiliki piksel 1,2 mikron yang besar untuk mencapainya.

Beralih ke teknologi dual pixel. Jadi, setiap piksel pada sensor memiliki dua fotodioda independen yang menangkap cahaya pada sudut yang sedikit berbeda. Kemampuan ini membantu sistem phase detection auto focus (PDAF) sensor, sehingga memungkinkan GN1 mendeteksi dan memfokuskan ke objek diam atau yang diinginkan dari setiap sudut.

Teknologi dual pixel juga membantu sensor secara efektif menghasilkan gambar 100 MP meskipun hasilnya disinyalir tidak akan sebagus yang diambil dengan sensor 100 MP yang sesungguhnya. Selain itu, GN1 juga menawarkan teknologi Smart-ISO.

Smart-ISO Samsung secara otomatis memilih pengaturan ISO terbaik, sehingga menghasilkan bidikan HDR yang lebih baik. Menariknya, stabilisasi gambar berbasis Gyro juga tersedia di sensor ini dan mendukung perekaman video 8K di 30fps.

Dalam teks pengantar pada GN1, Samsung menekankan pada kemampuan auto focusnya yang mempunyai hasil bagus. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini, akan memulai produksi massal GN1 bulan ini. Artinya, sensor kemungkinan akan terlihat di smartphone yang segera meluncur.

Editor : Dini Listiyani