Tips agar HP Tidak Lemot, Coba Nonaktifkan Aplikasi Tak Digunakan

Lia Nanda Wijaya · Jumat, 09 Desember 2022 - 15:07:00 WIB
Tips agar HP Tidak Lemot, Coba Nonaktifkan Aplikasi Tak Digunakan
Tips agar HP Tidak Lemot (Foto: Samsung)

JAKARTA, iNews.id - Menjalankan smartphone yang lemot tentu tidak menyenangkan penggunanya. Jika ponsel Anda lambat berjalan, coba tips agar HP tidak lemot berikut ini mengatasinya. 

Seiring berjalannya waktu, performa smartphone yang digunakan akan menurun. Bahkan, dalam beberapa kasus, ponsel Anda bisa berjalan lebih lambat alias lemot. Bagaimana jika kondisi ini menimpa Anda?

Tips Agar HP Tidak Lemot

1. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Perangkat Android biasanya sudah disertai dengan aplikasi bawaan (bloatware). Bloatware tidak dapat di uninstall secara manual. Untuk menghapus ini, Anda cukup mengakses menu Settings> Apps, lalu pilih aplikasi bawaan. Setelah itu tekan tombol Disable untuk menonaktifkan penggunaan aplikasi. 

2. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Penggunaan live wallpaper dapat mempengaruhi sistem kinerja HP. Aplikasi ini akan terus berjalan di background HP Anda meskipun aplikasi tersebut dalam keadaan sedang tidak digunakan. Jika RAM dan CPU selalu dalam keadaan sibuk karena harus menyiapkan ruang untuk menjalankan aplikasi live wallpaper, maka HP tidak akan bisa membuka aplikasi dengan lancar.

3. Cek Pembaruan Sistem HP

Pembaharuan OS penting mengingat sistem OS lawas seringkali berisi bug yang dapat menyebabkan masalah kinerja. Jadi pastikan Anda terus memerika pembaruan sistem operasi yang tersedia untuk ponsel.

4. Cek Koneksi WIFI

Silahkan memeriksa koneksi wifi dan mengalihkan ke jaringan wifi lain atau bisa juga pindah ke lokasi lain yang memang mampu menangkap sinyal secara kuat.

5. Reset Ulang Setelan HP

Melakukan penyetelan ulang sistem pada HP berfungsi mengembalikan seperti pengaturan awal dari pabrik. Jadi metode ini dapat menyelesaikan sejumlah masalah yang terjadi pada ponsel. 

Nah itulah beberapa tips agar HP tidak lemot. Gimana mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda