Tips Menerbangkan Drone di Dalam Ruangan, Wajib Pakai Ukuran Mini

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 12:09 WIB
Tips Menerbangkan Drone di Dalam Ruangan, Wajib Pakai Ukuran Mini

Tips menerbangkan drone di rumah (Foto: iNews.id/Riyandy)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu dampak dari work from home (WFH) adalah kebosanan. Untuk mengusir rasa bosan, bisa melakukan aktivitas menarik di dalam ruangan (indoor), seperti menerbangkan drone

Perlu diperhatikan, menerbangkan drone di dalam ruangan sangat berbeda jika diterbangkan di luar ruangan (outdoor). Perlu tehnik dan syarat khusus agar maksimal bermainnya. 

Kali ini, iNews.id berikan tips menerbangkan drone di dalam ruangan. Berikut caranya:

1. Ukuran Drone

Ukuran adalah syarat mutlak memainkan drone di dalam ruangan. Pakailah drone berukuran kecil (nano atau mini) berdiameter 10 cm dengan berat kurang dari 250 gr agar bisa bermanuver di ruangan yang terbatas.

2. Pengaturan

Ada sejumlah drone yang memiliki fitur flight mode yang bisa disesuaikan kecepatannya. Pilihlah mode smooth agar mudah dikendalikan ketinggiannya maupun fleksibilitas-nya sesuai kondisi ruangan.

3. Propeller Guard atau Pelindung Baling-Baling

Komponen ini juga penting untuk meminimalisir benturan. Jika terjadi benturan, baling-baling tidak langsung rusak. Selain itu, pelindung ini juga bisa melindungi pilot drone terkena putaran baling-baling yang cukup tajam.

4. Jaga Fleksibilitas dari langit dan dinding rumah

Rumah biasanya terbagi atas ruangan yang dibatasi sekat atau dinding. Tak semua rumah memiliki langit-langit yang tinggi. Jadi, rumusnya adalah jaga fleksibilitas drone dari langit dan dinding rumah.

Jika drone yang digunakan memiliki sensor yang cukup banyak (depan, belakang, atas, bawah, kanan kiri), tentu tidak masalah. Tapi, ada drone yang hanya menyediakan sensor di bagian bawah saja. Maka itu, menjaga fleksibilitas sangat diperlukan.

Editor : Dini Listiyani