Viral, Ini Cara Percantik Homescreen iOS 14 dengan Aplikasi Widgetsmith

Siska Permata Sari ยท Senin, 21 September 2020 - 18:13 WIB
Viral, Ini Cara Percantik Homescreen iOS 14 dengan Aplikasi Widgetsmith

Ada cara khusus percantik homescreen iOS 14 dengan aplikasi Widgetsmith. (Foto: 9to5mac)

JAKARTA, iNews.id - Widget menjadi salah satu fitur menarik yang ditawarkan Apple di iOS 14. Dengan fitur tersebut, pengguna iPhone bisa mendesain homescreen atau layar beranda ponsel sesuai keinginannya.

Namun secara desain, fitur asli bawaan iOS 14 itu tampaknya belum cukup. Oleh sebab itu, ada satu aplikasi yang mencuri perhatian banyak pengguna, yaitu Widgetsmith.

Seperti namanya, Widgetsmith memungkinkan pengguna membuat widget khusus dan dipersonalisasi untuk layar beranda iOS 14. Aplikasi ini berasal dari David Smith, yang merupakan pengembang di balik beberapa aplikasi Apple Watch dan iPhone populer termasuk Watchsmith, Sleep + +, dan Pedometer + +.

Melansir dari 9to5mac, Senin (21/9/2020), aplikasi Widgetsmith pada iPhone mempersiapkan tiga ukuran widget berbeda yang dapat dipilih, yakni kecil, sedang, dan besar. Setiap widget dapat menampilkan berbagai informasi dan disesuaikan dengan gaya dan warna font, warna tint, dan warna latar yang berbeda.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda cukup mengklik tombol “Add” untuk ukuran widget yang ingin Anda buat, lalu ketuk widget untuk menyesuaikannya.

Anda hanya perlu memutuskan jenis informasi yang ingin Anda tampilkan dengan widget tersebut di layar beranda Anda. Sejauh ini yang tersedia di antaranya Waktu, Tanggal, Kustom: Foto, Foto dalam Album, Teks Kustom, Kosong, Kalender, Pengingat, Cuaca, Kesehatan & Aktivitas, hingga Astronomi.

Dalam setiap tipe widget, ada berbagai opsi berbeda untuk menampilkannya. Misalnya, Anda memiliki opsi penyesuaian tambahan termasuk gaya font, warna tint, dan warna latar belakang.

Anda dapat menggunakan widget dari Widgetsmith sebanyak yang Anda inginkan. Setelah Anda menambahkan ukuran Widgetsmith ke layar beranda, tekan lama, pilih ‘Edit Widget’ dan pilih opsi ‘Widget’ untuk memilih dari beberapa desain yang Anda buat di aplikasi Widgetsmith.

Selain itu, Widgetsmith juga mendukung widget berjangka waktu, yang memungkinkan Anda mengganti widget di layar beranda pada waktu tertentu dalam sehari. Misalnya, Anda dapat menampilkan tanggal hari ini hingga setelah hari kerja selesai, lalu meminta Widgetsmith secara otomatis mengubah widget untuk menunjukkan apa yang ada di kalender Anda untuk hari berikutnya.

Nah, Anda tertarik mencobanya?

Editor : Tuty Ocktaviany