Vivo V17 Pro, Smartphone Model Pop-up dengan Dua Kamera Selfie

Dini Listiyani ยท Sabtu, 23 November 2019 - 12:04 WIB
Vivo V17 Pro, Smartphone Model Pop-up dengan Dua Kamera Selfie

Vivo V17 Pro (Foto: Vivo)

JAKARTA, iNews.id - Vivo telah memperkenalkan V17 Pro ke Indonesia beberapa waktu lalu. Kehadiran V17 Pro di Indonesia ini menambah ramai smartphone pop-up camera yang ada di Indonesia.

Di dalam design pop-up camera, V17 Pro mempunyai dua kamera depan yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil selfie. Di bagain belakang terdapat empat kamera smartphone untuk menunjung kebutuhan fotografi pengguna.

Selain kamera, Vivo V17 Pro juga mempunyai fitur lain yang berguna di dalamnya. Beruntung, tim iNews.id dapat mengulas lebih dalam suksesor Vivo V15 Pro.

Foto: iNews.id/Dini

Desain
Vivo V17 Pro mempunyai desain yang langsing dengan bezel layar tipis di Sisi kanan dan kirinya. Lalu, pada panel belakang Vivo V17 Pro terdapat lekukan di sisi kanan dan kiri sehingga perangkat lebih nyaman digenggam.

Foto: iNews.id/Dini

Beralih ke setiap sisi. Layaknya kebanyakan smartphone di bagian kanan terdapat tombol power dan volume. Sebelah kiri terdapat tombol khusus untuk bixby.

Selanjutnya di bagian atas ponsel terdapat mekanisme untuk kamera depan. Karenanya kameranya ada dua, maka pop-up juga sedikit lebih lebar.

Di sebelah desain pop-up camera terdapat headphone jack 3.5mm sehingga pengguna tidak perlu donggle tambahan untuk mendengarkan musik.

Kemudian di bagian bawah ponsel terdapat rumah untuk SIM card dan microSD. Di sampingnya terdapat port USB Type-C, yang membuat V17 Pro menjadi smartphone Vivo pertama dennen USB Type-C. Lalu, di camping USB Type-C terdapat speaker grill.

Foto: iNews.id/Dini

Pada bagian belakang, V17 Pro mempunyai empat kamera yang berjajar secara vertikal di bagian tengah ponsel. Di antara kamera dua dan tiga ada flash LED yang bisa digunakan saat kondisi cahaya minim.

Secara keseluruhan, desain Vivo V17 Pro cukup menarik plus warna yang ditawarkannya dapat menambah cantik ponsel ini. Selain itu, back panel Vivo V17 Pro juga tidak licin saat digenggam di tangan.

Layar
Vivo V17 Pro sudah dibekali dengan panel layar Super AMOLED 6,44 inci beresolusi 1080x2400. Selain itu, V17 Pro juga mempunyai screen-to-body ration sekitar 84.3 persen, sehingga pengalaman layar lebih luas dapat didapatkan.

Karena sudah menggunakan panel Super AMOLED, pengguna bisa menemukan sensor fingerprint di dalam layar V17 Pro. Penggunaan sensor sidik jari di dalam layar ini belakangan semakin banyak digunakan oleh produsen smartphone.

Sensor fingerprint dalam layar pada Vivo V17 Pro cukup cepat. Ponsel dapat terbuka dalam waktu kurang dari sedetik saat dibuka menggunakan sensor fingerprint.

Supaya layar V17 Pro tidak cepat tergores, V17 Pro sudah dibalut dengan Corning Gorilla Glass 6. Terlepas dari itu, layar Vivo V17 Pro menampilkan warna cukup tajam sehingga enak digunakan untuk melihat konten video.

Bentang layar yang cukup luas juga menambah nyaman saat digunakan untuk menonton video dan membaca di internet.

Kamera
Vivo V17 Pro ditopang dengan empat kamera di bagian belakang. Sistem kamera belakang itu terdiri atas 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 13MP (telefoto), dan 2MP (depth sensor).

Di kamera belakang para pengguna Vivo V17 Pro dapat memilih opsi ultra-wide, bokeh, dan super macro lewat ikon di bawah layar yang berbentuk seperti angin melingkar.

Contoh hasil kamera belakang menggunakan bokeh

Selain itu, kamera belakang V17 Pro juga menawarkan mode Portrait, Night, Panorama, Live Photo, 48MP, Slow-mo, time-lapse, pro, dan banyak lagi.

Contoh hasil kamera belakang

Saat mencoba menggunakan kamera belakang V17 Pro hasil gambarnya cukup bagus. Detail gambar dapat tertangkap di dalam foto. Lalu, ketika menggunakan night mode hasil foto cukup terang meski ada sedikit noise.

Contoh foto malam

Sedangkan kamera depan, Vivo V17 Pro sudah ditopang oleh sensor 32MP dan 8MP. Kedua sensor tersebut ditampung di motorized pop-up yang ada di bagian atas layar.

Layaknya di belakang, kamera depan Vivo V17 Pro dapat mencoba beberapa mode. Misalnya, Portrait, dan Night. Tapi, 48MP tidak bisa digunakan untuk kamera depan.

Dari pengalaman saya menggunakan kamera depan untuk selfie, hasilnya terlihat alami. Warna yang dihasilkan juga natural. Bahkan bokeh kamera depan cukup bagus sehingga dapat menghasilkan background blur yang cukup dramatis.

Contoh foto selfie

Kinerja
Beralih ke kinerja, Vivo V17 Pro sudah dibekali dengan dapur pacu Snapdragon 675. Chip ditemani dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Meski dapur pacunya hanya menggunakan Snapdragon 675, V17 Pro cukup andal dalam melakukan multitasking. Selain itu, smartphone juga tidak cepat panas.

Saat digunakan untuk bermain game Asphalt 9 game dapat berjalan mulus tanpa lag dengan mode HD. Smartphone tidak hanya diuji secara pengalaman tapi juga benchmark seperti AnTuTu.

Benchmark AnTuTu

Hasil benchmark AnTuTu menunjukkan Vivo V17 Pro berhasil mencetak skor 212123. Tak hanya mempunyai kinerja yang baik, V17 Pro juga mempunyai daya tahan lumayan.

Vivo V17 Pro sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh di dalamnya. Ponsel sudah dilengkapi dengan kemampuan fast charging 18W sehingga mengisi daya baterai sebesar itu tidak memerlukan waktu banyak. Berdasarkan pengalaman, untuk mengisi baterai 40 persen hingga 100 persen diperlukan waktu sekitar 1 jaman.

Fitur
Layaknya yang sudah disebutkan di atas, Vivo V17 Pro sudah dibekali dengan Type-C. Jadi, transfer bisa lebih cepat dan tidak perlu membolak-balik kabel saat mengisi daya.

Selain itu, Vivo V17 Pro juga sudah dilengkapi kemampuan USB on the go, sehingga berbagi file dari perangkat lain ke ponsel menjadi lebih mudah.

Sayangnya smartphone Vivo seri V yang paling baru ini tidak membawa dukungan NFC di dalamnya. Padahal, NFC saat ini diperlukan seperti untuk mengecek atau mengisi ulang saldo emoney.

Kesimpulan
Vivo V17 Pro menawarkan kinerja yang baik dan juga foto yang cukup bagus. Apalagi, bagi kaum hawa, adanya dual camera di bagian depan bisa menjadi pertimbangan.

Selain kinerja dan kamera yang baik, desain V17 Pro juga membuat tangan nyaman untuk menggengamnya. Menariknya, V17 Pro menjadi smartphone pertama Vivo yang sudah menggunakan Type-C.

Vivo V17 Pro hadir dengan dua opsi warna yang menarik yakni Satin Black dan Silk White. Pada saat diluncurkan, V17 Pro dibanderol Rp5.699.000.


Editor : Dini Listiyani