Xiaomi Mi 10 Pro+ Bakal Punya Fitur GPU Mirip di Desktop

Dini Listiyani · Jumat, 31 Juli 2020 - 17:13 WIB
Xiaomi Mi 10 Pro+ Bakal Punya Fitur GPU Mirip di Desktop

Xiaomi Mi 10 Pro+ bakal punya fitur GPU mirip di desktop (Foto: Qualcomm)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Smartphone secara perlahan-lahan mendekati kinerja PC. Satu sektor yang sejauh ini belum dapat dikejar smartphone terletak dari segi grafis.

Namun, tampaknya ada upaya dari Qualcomm dan produsen smartphone China seperti Xiaomi untuk memberikan pengguna pilihan ponsel dengan mengubah kinerja grafis. Qualcomm mulai mengejarnya dengan mengumumkan Snapdragon 865 akan memiliki driver grafis yang dapat diperbarui lewat Google Play Store.

Driver grafis ini akan memungkinkan Qualcomm dan pabrikan smartphone mendorong perbaikan dan bahkan fitur-fitur baru ke GPU dengan cepat tanpa harus melalui proses yang melelahkan dan panjang untuk meluncurkannya dengan pembaruan OTA firmware yang besar. Kini, tampaknya Qualcomm dan Xiaomi sedang membuat sesuatu yang istimewa untuk Mi 10 Pro+.

Ice Universe melaporkan, aplikasi Game Turbo Xiaomi akan memiliki mode yang memungkinkan pengguna menyesuaikan parameter grafik, termasuk seberapa cepat atau lambat GPU berjalan, level anti-aliansing, dan tipe pemfilteran tekstur. Seperti yang dikatakan dalam bocoran, ini adalah fungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada GPU seluler.

Tapi, sesuatu yang normal untuk sistem grafis dekstop. Ini dilaporkan akan menjadi bagian dari Qualcomm Snapdragon 865+ tapi perlu dilihat apakah akan menjadi sesuatu yang eksklusif bagi Xiaomi dalam waktu yang lama, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (31/7/2020). 

Xiaomi Mi 10+ diperkirakan akan diluncurkan bulan depan. Perangkat juga dikabarkan akan memiliki layar 120Hz yang dapat berguna bagi gamer dan kamera utama 108MP.

Editor : Dini Listiyani