Xiaomi Patenkan Sistem Kamera Smartphone dengan Sensor Miring

Dini Listiyani ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 21:30 WIB
Xiaomi Patenkan Sistem Kamera Smartphone dengan Sensor Miring

Xiaomi patenkan sistem kamera smartphone dengan sensor miring (Foto: LetsGoDigital)

BEIJING, iNews.id - Awal bulan ini Xiaomi merayakan ulang tahun ke-10 dengan meluncurkan empat produk baru, termasuk Mi 10 Ultra. Kini, paten yang diajukan oleh perusahaan yang melibatkan sensor kamera miring telah ditemukan di LetsGoDigital.

Paten utilitas modul dan terminal kamera ini diajukan oleh Beijing Xiaomi Mobile Software dengan United States Patent and Trademark Office (USTPO) pada Oktober 2019. Paten tersebut disetujui dan dipublikasikan dalam database World Intellectual Property Office (WIPO) pada 30 Juli 2020.

Pada saat yang sama, perusahaan China itu bahkan mengajukan permohonan paten yang disebut perakitan dan terminal kamera. Permohonan itu merinci penerapan paten utilitas yang disebutkan di atas pada smartphone, sebagaimana dikutip dari Gizmo China, Senin (24/8/2020).

Menurutnya, paten ini membutuhkan dua buah sensor kamera dengan sudut pandang yang kecil. Kedua sensor dapat ditempatkan secara horizontal atau vertikal dan dapat berputar (miring) secara sinkron satu sama lain untuk memperluas sudut pandang.

Gambar dari solusi ini harus lebih baik dalam kualitas tanpa distorsi dibandingkan dengan keluaran dari lensa sudut lebar normal, setidaknya dalam teori. Untuk diketahui, Samsung pun mematenkan solusi serupa pada Desember 2019, dua bulan setelah Xioami dan mendapat persetujuannya pada Juni 2020.

Namun paten tersebut membutuhkan satu set lima atau enam kamera, termasuk satu unit telefoto. Kendati demikian, tidak ada jaminan akan melihat penerapan smartphone secara komersial.

Editor : Dini Listiyani