Xiaomi Pimpin Pasar Smartphone Android 5G di Q2 2021, Market Share Hampir 26 Persen

Dini Listiyani · Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:09:00 WIB
Xiaomi Pimpin Pasar Smartphone Android 5G di Q2 2021, Market Share Hampir 26 Persen
Xiaomi Pimpin Pasar Smartphone Android 5G di Q2 2021, Market Share Hampir 26 Persen (Foto: Xiaomi)

BEIJING, iNews.id - Xiaomi telah mengalami kemajuan tahun ini dan mencapai ketinggian baru dalam segi bisnis serta pertumbuhan. Perusahaan baru-baru ini menjadi brand smartphone terkemuka dunia untuk Juni 2021.

Sekarang, laporan baru dari Strategy Analytics mengklaim, Xiaomi adalah produsen smartphone Android 5G terkemukan di dunia pada kuartal kedua tahun ini yakni Q2 2021, menangkap hampir 26 persen market share.

Laporan tersebut menambahkan total 95 juta smartphone Android 5G dikirimkan secara global pada Q2 2021 dan di antaranya, sekitar 24 juta unit dikirimkan oleh Xiaomi, menjadikannya pemimpin pasar di segmen ini untuk durasi waktu tersebut.

Selama sembilan kuartal terakhir, Xiaomi secara kumulatif mengirimkan 70 juta smartphone 5G, menempatkannya di belakang raksasa Korea Selatan Samsung yang berhasil mengirimkan 77 juta unit dalam jangka waktu yang sama.

Huawei, raksasa teknologi China tetap menjadi pemimpin ponsel pintar Android 5G kumulatif dengan pengiriman 95 juta unit secara global selama sembilan kuartal terakhir. Namun, perusahaan dengan cepat kehilangan cengkeramannya karena sanksi yang dikenakan AS. 

Ini membuka pintu bagi produsen lain, termasuk OPPO, Vivo, Honor, Realme, dan banyak lagi. Sementara itu, Lenovo (termasuk Motorola) adalah pemimpin dalam hal pertumbuhan smartphone 5G karena pengiriman perusahaan menyaksikan pertumbuhan 3480 persen per tahun pada Q2 2021, dengan pengiriman 1,8 juta unit untuk kuartal tersebut.

Di sisi lain, Realme berada di peringkat kedua dalam pertumbuhan tahunan, naik 1773 persen dari tahun ke tahun di Q2 2021 dengan volume 5,6 juta. Sementara OnePlus berada di urutan ketiga dalam pertumbuhan dengan volume pengiriman meningkat 877 persen setiap tahun di kuartal tersebut.
 
Honor juga telah membukukan jumlah yang mengesankan dari 6,5 juta pengiriman smartphone 5G yang juga hanya dalam waktu dua kuartal karena mulai menjual smartphone 5G pada pertengahan kuartal pertama tahun ini.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda