10 Tahun Google Play: WhatsApp dan Gojek Jadi Aplikasi Terpopuler di RI

Anindita Trinoviana ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 17:04:00 WIB
 10 Tahun Google Play: WhatsApp dan Gojek Jadi Aplikasi Terpopuler di RI
Aplikasi Gojek masuk dalam 10 aplikasi terpopuler yang dirilis Google Play Store. (Foto: dok GoTo Gojek Tokopedia)

JAKARTA, iNews.id - Google Play baru saja merilis daftar 10 aplikasi paling populer di Indonesia dalam laporan singkat bertajuk "Defined of a Decade" untuk menandai 10 tahun hadirnya layanan distribusi aplikasi digital milik Google (Alphabet Inc.) ini sejak 2012.

Mengacu laporan di situs Google Play Store pada akhir Juli lalu, disebutkan bahwa dua aplikasi terpopuler dan mampu membentuk generasi dalam 10 tahun hadirnya Google Play yakni, WhatsApp dan Gojek.

Layanan jasa terlengkap milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yakni Gojek, memang menjadi aplikasi layanan on-demand paling populer dengan total unduhan mencapai lebih dari 100 juta, mendapat penilaian (review) sebanyak 4,8 juta, dan nilai bintang (rating) 4,6.

Perhitungan ini hanya berlaku untuk pengguna telepon selular (ponsel) berbasis sistem operasi Android, belum dihitung dengan ponsel yang menggunakan iOS dari Apple.

Sebagai perbandingan, beberapa kompetitor di laporan tersebut untuk kategori yang sama ‘Travel and Local’, di antaranya Traveloka Lifestyle Superapp (unduh: +50 juta, review: 1,44 juta, rating: 4,8) dan Grab Superapp yang berbasis di Singapura (unduh: 100 juta, review: 9.5 juta, rating: 4,8).

Untuk bisnis berbagi tumpangan ride hailing, Gojek juga mengalahkan layanan serupa seperti Maxim dan inDriver.

“Gojek melayani transportasi online, bisnis pengiriman makanan, logistik, pembayaran, dan layanan harian. Gojek juga merupakan aplikasi dengan misi sosial: meningkatkan kesejahteraan dan penghidupan masyarakat Indonesia dengan memberdayakan orang,” tulis informasi di Google Play, dikutip Senin (8/8/2022).

Sementara itu, untuk perhitungan seluruh kategori di Indonesia selama satu dekade, posisi teratas ditempati aplikasi chat WhatsApp milik Meta Platform Inc. (Facebook) yang sudah diunduh sebanyak 5 miliar di seluruh dunia.

Jumlahnya ini mengalahkan aplikasi chat lainnya seperti Facebook Messenger dengan 5 miliar, Telegram sebanyak 1 miliar, Line 500 juta unduhan, WeChat, dan KakaoTalk diunduh sebanyak 100 juta. Lainnya, yakni Instagram di-download sebanyak 1 miliar dan Facebook 5 miliar unduh di Play Store.

Berikut 10 besar aplikasi terpopuler dan membentuk gerenasi versi Google Play selama 1 dekade (diakses 31 Juli 2022):

1. WhatsApp: diunduh lebih dari 5 miliar.

2. Gojek: diunduh lebih dari 100 juta

3. Dana: diunduh lebih dari 50 juta

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda