2019, Malware yang Lebih Canggih Bakal Incar Smart Home

Dini Listiyani ยท Sabtu, 01 Desember 2018 - 10:01 WIB
2019, Malware yang Lebih Canggih Bakal Incar Smart Home

2019, Malware Lebih Canggih Bakal Incar Smart Home (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - Smart home diprediksi akan menjadi target kejahatan siber selanjutnya. Malware yang lebih canggih diperkirakan akan mengincar smart home pada 2019.

Pembuat software anti-virus McAfee tampaknya percaya, pada 2019 malware yang lebih canggih akan menargetkan smart home. Sebagian besar malware, dikatakan akan muncul melalui perangkat seluler yang digunakan untuk mengendalikan gadget pintar.

"Pembuat malware akan mengambil keuntungan dari ponsel dan tablet, perangkat yang dipercaya untuk mengambil alih perangkat IoT dengan cara meretas password serta mengeksploitasi kerentanan," kata McAfee sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (1/12/2018).

Serangan, kata McAfee, tidak akan tampak mencurigakan karenan lalu lintas jaringan berasal dari perangkat terpercaya. Tingkat keberhasilan serangan akan meningkat dan rute serangan akan sulit diidentifikasi.

Di masa lalu, ada kerentanan keamanan yang ditemukan di perangkat pintar. Sebab, mereka cenderung menggunakan metode keamanan yang berbeda.

Sementara itu, sebagai catatan Tech Radar, mungkin ada baiknya untuk menjaga perangkat IoT Anda di jaringan terpisah untuk membantu mengisolasi mereka jika ada yang salah.

Editor : Dini Listiyani