3 Cara TikTok Creator Perpanjang Watch Duration lewat Diversity Innovation
JAKARTA, iNews.id - TikTok terus mengembangkan fitur live streaming sebagai salah satu cara yang dapat digunakan oleh kreator atau brand dalam menjangkau audiens.
Saat ini, live streaming di TikTok diarahkan menjadi ruang untuk menghadirkan pengalaman konten yang lebih variatif dan interaktif. Hal ini dinilai penting untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan penonton, serta meningkatkan tingkat keterlibatan mereka.
Bagi brand, pendekatan ini dapat mendukung upaya untuk memperkuat kepercayaan konsumen dan memperluas jangkauan. Namun, tantangan yang sering muncul adalah bagaimana agar penonton tetap bertahan menonton selama sesi berlangsung.
TikTok merespons hal ini dengan strategi LiveStream Content Diversification yang merupakan pendekatan untuk menyajikan variasi konten agar sesi live tidak monoton dan mampu mendorong interaksi aktif.
Tujuan dari strategi ini mencakup tiga hal utama, yaitu memperpanjang durasi menonton (watch duration), meningkatkan partisipasi audiens (seperti komentar dan like), serta membangun ketertarikan dan kepercayaan dari penonton terhadap kreator maupun brand yang tampil.
Optimalkan Konversi dan GMV dari Live Streaming
TikTok memberikan beberapa panduan yang dapat diterapkan kreator agar performa live mereka lebih optimal. Salah satunya adalah pentingnya membuat konten yang berbeda dari biasanya, sehingga tidak terasa berulang atau membosankan.
Pendekatan ini menekankan pentingnya creator untuk memperhatikan sisi pengalaman penonton. Maka dari itu, kreator dan atau brand disarankan untuk memadukan materi dari campaign TikTok dengan gaya penyampaian masing-masing, serta menambahkan pandangan atau cerita pribadi agar terasa lebih autentik.