4 Ekstensi Chrome yang Bikin WFH Semakin Produktif

Siska Permata Sari ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 22:06 WIB
4 Ekstensi Chrome yang Bikin WFH Semakin Produktif

Kerja WFH lebih maksimal. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) masih berlangsung hingga Agustus ini. Oleh sebab itu, sebagian orang masih menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Namun, bekerja dari rumah kadangkala penuh trik agar bisa tetap efektif dan produktif. Meskipun fasilitas yang ada tidak seperti di kantor atau tempat kerja Anda.

Tenang, ada beberapa ekstensi menarik yang bisa Anda instal di browser Chrome Anda agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan efektif dan produktif. Ekstensi ini juga memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan.

Penasaran apa saja? Simak daftarnya, seperti dilansir dari Mashable, Minggu (9/8/2020).

1. Zoom scheduler

Banyaknya orang yang bekerja dari rumah, membuat aplikasi Zoom semakin sering digunakan. Baik itu untuk meeting, konferensi, seminar, dan masih banyak lagi. Nah, Zoom scheduler atau penjadwal Zoom ini berfungsi agar Anda tak ketinggalan atau lupa jadwal meeting virtual Anda.

2. Notepad minimalis

Jika Anda terbiasa untuk menulis, mengetik, mencatat apa pun pekerjaan Anda, cobalah ekstensi notepad minimalis atau Minimalist Notepad. Ekstensi ini menawarkan cara sederhana dan elegan untuk menuliskan catatan Anda, daftar tugas, daftar belanja, link yang ingin Anda kunjungi atau bookmark, gambar yang perlu Anda rujuk, video yang ingin Anda tonton, dan banyak lagi. Caranya pun cepat, Anda dapat meluncurkannya langsung dari bilah browser Anda dalam hitungan detik saja.

3. StrechClock

Bekerja di rumah kadangkala membuat Anda lupa untuk membagi waktu dengan istirahat. Kerja dari rumah bukan berarti kerja terus-menerus, Anda tetap harus mempunyai waktu untuk istirahat atau paling tidak bergerak dari kursi kerja Anda. Nah, ekstensi ini akan mengingatkan Anda untuk beristirahat atau bergerak sebentar untuk teralih dari pekerjaan Anda.

4. Nimbus

Ekstensi ini cocok bagi Anda yang perlu untuk mengambil cuplikan layar baik dijadikan foto atau video dari meeting dan sebagainya. Dengan Nimbus, Anda bisa merekam video dari layar Anda untuk membuat screencast, sehingga Anda dapat dengan mudah untuk menunjukkan seseorang bagaimana melakukan sesuatu tanpa harus repot dengan pengaturan akses jarak jauh. Ini juga sangat berguna jika Anda bekerja dengan orang-orang di zona waktu yang berbeda dengan Anda. 

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany