5 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Mencapai Triliunan Rupiah

Inas Rifqia Lainufar · Selasa, 06 Desember 2022 - 18:08:00 WIB
5 Game dengan Biaya Pembuatan Termahal, Mencapai Triliunan Rupiah
Game dengan biaya pembuatan termahal, Star Wars: The Old Republic (Foto: Steam)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat sejumlah game dengan biaya pembuatan termahal di dunia. Dana pengembangan game tersebut bahkan mencapai triliunan rupiah.

Namun biaya yang besar ini setara dengan fitur yang diberikan untuk para pemain. Tak heran jika sederet game berikut mampu meraup pendapatan yang fantastis.

Adapun lima game tersebut yang dilansir iNews.id dari situs Gamerant pada Selasa (6/12/2022) adalah sebagai berikut.

Game dengan biaya pembuatan termahal

1.Star Citizen

Mulai dibuat pada tahun 2011, Star Citizen masih berstatus alpha atau masih banyak konten yang belum lengkap sampai saat ini. Game tersebut membuat pemain mampu mengeksplorasi luar angkasa.

Game MMORPG ini menelan biaya produksi lebih dari USD300 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun. Biaya tersebut didapatkan dari investasi swasta.

2.Star Wars: The Old Republic

Meskipun dirilis hampir satu dekade lalu, Star Wars: The Old Republic terus menerima pembaruan secara teratur. Game ini dikembangkan dengan anggaran mencapai USD200 juta atau setara dengan Rp3 miliar.

Walaupun menghabiskan banyak dana, game ini juga mendapatkan penghasilan yang fantastis, yakni lebih dari USD1 miliar atau Rp15,4 triliun sejak server pertama kali ditayangkan. Sejak tahun 2011 sampai saat ini, puluhan ribu orang masih memainkan Star Wars: The Old Republic.


3.Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 dikembangkan dengan dana mencapai USD174 juta atau setara dengan Rp2,6 triliun. Beruntungnya, penghasilan dari game ini juga cukup fantastis.

Walaupun demikian, kinerja game dan berbagai bug membuat Cyberpunk 2077 mendapat banyak kritik. Imbasnya, nilai perusahaan dan harga saham juga menurun.

4.Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 merupakan game yang bercerita tentang hancurnya sebuah keluarga dalam bentuk geng Van der Linde. Fitur-fiturnya begitu lengkap sehingga sangat digandrungi oleh para pemain.

Namun justru fitur tersebut yang membuat game ini menghabiskan banyak biaya produksi, yakni lebih dari USD170 juta atau setara dengan Rp2,6 triliun. Beruntungnya, Red Dead Redemption 2 menghasilkan pendapatan USD725 juta n hanya dalam dua hari pertama perilisan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda