5 Parameter Penting untuk Jaga Keamanan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Rabu, 15 September 2021 - 21:01:00 WIB
5 Parameter Penting untuk Jaga Keamanan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi
5 Parameter Penting untuk Jaga Keamanan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi (Foto: Kominfo/ Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Kabar soal beredarnya sertifikat vaksin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat menghebohkan jagat maya beberapa waktu lalu. Guna mengantisipasi masalah semacam ini, ada lima parameter penting yang harus diketahu masyarakat. 

Untuk memudahkan masyarakat sekaligus menjamin keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui unggahan Instagram, membagikan fungsi periksa Sertifikat Vaksinasi COVID-19 di PeduliLindungi.

Pengguna bisa menggunakan 5 parameter, yakni Nama, Nomor Identitas Kependudukan (NIK), Tanggal Lahir, Tanggal vaksin, dan Jenis vaksin. "Tanpa kelima informasi ini, sertifikat vaksin kita tidak dapat dicek pihak lain," tulis Kemenkominfo.

Alasan ada orang yang bisa mendapatkan informasi sertifikat vaksinasi COVID-19 Presiden Joko Widodo adalah karena informasi nama, tanggal lahir, tanggal vaksin, jenis vaksin milik Joko Widodo tersedia secara umum di berbagai media.

Informasi NIK Presiden Joko Widodo juga tersedia pada situs Komisi Pemilihan Umum sebagai data calon presiden pada saat Pemilihan Presiden.

"PeduliLindungi aman. Tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh informasi yang tidak tepat terkait sistem PeduliLindungi," kata Kemenkominfo.

=========================

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: