6 Fungsi Mikrotik Beserta Penjelasan dan Jenisnya

Dini Listiyani ยท Senin, 04 Oktober 2021 - 07:30:00 WIB
6 Fungsi Mikrotik Beserta Penjelasan dan Jenisnya
6 Fungsi Mikrotik Beserta Penjelasan dan Jenisnya (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 fungsi mikrotik beserta penjelasan dan jenisnya yang perlu diketahui pengguna router. Karena, tidak semua mengatahui fungsi mikrotik dan jenisnya itu sendiri. 

Mikrotik mungkin tidak asing di telinga sejumlah orang. Menurut situs resmi Mikrotik, Mikrotik sebenarnya nama perusahaan Latvia yang mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel.

Kini, Mikrotik dikenal sebagai perusahaan penyedia hardware dan software untuk konektivitas internet di sejumlah negara. Teknologi mikrotik ini digunakan untuk menyediakan layanan internet dengan menjadikan suatu komputer sebagai router.

Mikrotik ini mempunyai keunggulan dalam segi wireless, sehingga teknologi mampu menjadi perangkat sistem operasi ringan. Setelah mengenal pengertian mikrotik, lantas apa fungsinya?

6 Fungsi Mikrotifk Beserta Penjelasan dan  Jenisnya
Mungkin banyak orang yang bertanya soal funsi mikrotik beserta penjelasan dan jenisnya. Untuk mencari tahu, berikut ini fungsi mikrotik yang perlu diketahui bagi para pengguna internet:

1. Mengatur LAN
Di antara 6 fungsi mikrotik beserta penjelasan dan jenisnya ada mengatur LAN. Ya, mikrotik berfungsi untuk mengatur dan melakukan konfigurasi terhadap LAN. Dan, ini adalah tugas penting di dunia jaringan internet lokal.

2. Berperan sebagai Hotspot
Di antara 6 fungsi mikrotik beserta penjelasan dan jenisnya ada yang menarik. Mikrotik bisa berperan sebagai hotspot. Karena, mikrotik bisa melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer serta memisahkan bandwidth traffic data internasional dan lokal.

3. Pengelolaan Sistem Jaringan Komputer
Konfingurasi mikrotik yang dipasang perusahaan biasanya dipegang admin. Oleh karena itu, admin jaringan lebih mudah untuk mengelolanya.

4. Penghubung antar Jaringan
Mikrotik bisa menghubungkan sejumlah jaringan dan menentukan jalur terbaik sert tercepat untuk sampa pada alamat perangkat komputer yang dituju. Semua ini bisa tercapai dengan bantuan router. 

5. Berperan sebagai Acces Point
Mikrotik juga dilengkapi dengan fitur yang mendukung antarmuka berbasi wirelss dan berfungsi sebagai Accss Point pada jaringan Wifi

6. Digunakan dalam Pembuatan PPPoE Server
6 fungsi mikrotik beserta penjelasan dan fungsinya selanjutnya adalah dapat digunakan dalam pembuatan PPPoE Server (Point-to-Point Protocol over Ethernet). Protokol yang satu ini berfungsi dalam enkapsulasi Point-point Protokol frame yang ada dalam frame Ethernet. 

Setelah mengetahui fungsi mikrotik, Anda juga perlu jenis-jenisnya. Setidaknya ada dua jenis mikrotik yang perlu diketahui. Berikut ini 6 fungsi mikrotik beserta penjelasan dan jenisnya:

1. Mikrotik RouterOS
Jenis pertama adalah mikrotik routerOS. Mikrotik routerOS adalah sistem operasi berbasis UNIX dan mampu menjadikan komputer biasa atau PC memiliki fitur seperti bridge, hotspot, router, firewall, proxy server, dan lainnya. Jadi, banyak pengguna yang memanfaatkan untuk membangun router mereka sendiri. 

2. RouterBoard
Jenis kedua adalah routerbroad. Berbeda dengan routerOS, routerboard adalah hardware jaringan yang di dalamnya diinstal mikrotik routerOS yang berfungsi sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan. 

RouterBroad mempunyai ukuran kecil dan terdiri atas prosesor, RAM, ROM, dan memory flash. Dengan RouterBroad, Anda bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada PC karena apa yang sudah ditanam di dalamnya. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: