Agar Lebih Bersaing, Instagram Punya Lebih Banyak Fitur
JAKARTA, iNews.id - Instagram mengumumkan pembuat konten awal tahun ini. Sekarang, Instagram mengumumkan lebih banyak fitur agar lebih mengembangkan pengalaman dan bersaing lebih baik dengan Twitter di bidang ini.
Dalam sebuah video, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan platform bertujuan untuk menjadi tempat online terbaik bagi para pembuat konten mencari nafkah dan tambahan baru tersebut adalah hasil langsung dari feed back dari para pembuat konten yang lebih berpartisipasi dalam fase awal subscriptions.
Fitur baru yang paling signifikan adalah kemampuan untuk mempublikasikan posting feed yang hanya dapat dilihat oleh pelanggan. Pembuat konten sebelumnya dapat melakukan ini dengan cerita, tetapi sekarang mereka dapat memberikan akses ke pos feed Instagram tradisional yang eksklusif kepada pendukung yang membayar.
Mosseri mengatakan ini adalah permintaan utama yang diterima perusahaan. Akan ada tab "beranda pelanggan" baru di profil pembuat konten tempat pelanggan dapat memfilter foto dan Gulungan yang hanya tersedia untuk mereka.
Subscription dapat berkisar dari 0,99 dolar AS hingga 99,99 dolar AS, dan profil pelanggan mendapatkan lencana ungu untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap pembuat atau pemberi pengaruh. Selain cerita dan postingan feed, pembuat konten juga dapat melakukan siaran langsung secara eksklusif dengan pelanggan mereka.
Fitur lain yang diumumkan hari ini akan memungkinkan mereka mengobrol (melalui DM grup) dengan hingga 30 pelanggan secara bersamaan. Instagram secara bertahap meningkatkan langganan dan membukanya untuk "puluhan ribu" pembuat konten di Amerika Serikat.
Tapi, Mosseri mengakui perusahaan perlu memperluas ke wilayah lain. “Ini hanya satu langkah di jalan yang lebih panjang untuk menyediakan berbagai alat bagi pembuat konten di mana pun untuk dapat mencari nafkah secara online. Tapi kami sangat senang dengan yang satu ini," katanya dalam video.
Perusahaan saat ini sedang mengerjakan perubahan besar pada aplikasi Instagram, termasuk umpan layar penuh. Mosseri telah mengatakan itu mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum desain ulang ini tersedia untuk semua orang, dengan Instagram menanggapi feed back – terutama dari fotografer – karena berfungsi untuk menyempurnakan umpan baru yang dioptimalkan untuk video tanpa mengurangi penyajian gambar diam.
Awal tahun ini, perusahaan membawa kembali umpan kronologis (dan opsi favorit baru) untuk pengguna yang ingin lebih mengontrol bagaimana Instagram mengurutkan apa yang mereka lihat di aplikasi.
Editor: Dini Listiyani