Apa Itu NFT? Hal yang Bikin Ghozali Ghozalu Raup Miliaran Rupiah dari Foto Selfie

Dini Listiyani · Kamis, 13 Januari 2022 - 12:01:00 WIB
Apa Itu NFT? Hal yang Bikin Ghozali Ghozalu Raup Miliaran Rupiah dari Foto Selfie
Apa Itu NFT? (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Siapa sangka hobi selfie yang dilakukan Ghozali Ghozalu bisa membuahkan hasil. Ghozali berhasil menjual foto selfie dengan harga hingga puluhan juta di salah satu marketplace Non Fungible Token (NFT) yakni OpenSea. Apa itu NFT?

Mengutip iNews Medan, foto yang diunggah Ghozali dihargai 3 dolar AS atau sekitar 42 ribu rupiah. Bahkan akun NFT miliknya mencapai 1 Ether pada setiap fluktuasi puncaknya. Foto selfie Ghozali juga ada yang laku Rp14 juta hingga Rp31 juta. Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

Sebenarnya apa itu NFT dan marketplace yang digunakan Ghozali untuk berjualan foto selfie. Lalu bagaimana cara kerja marketplace itu sehingga bisa membuat pemiliknya memiliki banyak uang?

Apa Itu NFT?

NFT singkatan dari non-fungible token. Pada dasarnya, itu adalah aset digital satu-satunya yang dimiliki Anda. Token digital ini unik, dengan sebagian besar menggunakan blockchain ethereum untuk merekam transaksi secara digital. 

Ini bukan cryptocurrency seperti bitcoin atau eter, karena itu sepadan -- dapat ditukar dengan bitcoin atau uang tunai lain. NFT dicatat dalam buku besar digital dengan cara yang sama seperti cryptocurrency, jadi ada daftar siapa yang memiliki masing-masing.

Menurut halaman Cnet, apa yang membuat NFT unik adalah aset digital yang terikat pada token. Ini bisa berupa gambar, video, tweet, atau musik yang diunggah ke pasar, yang menghasilkan NFT untuk dijual.

Industri ini terus berkembang adan masih ada peluang bagi orang biasa untuk masuk dan memenuhi kebutuhan menjual properti virtual apa pun tanpa takut dipalsukan. Pengembangan NFT adalah industri besar yang telah membuka banyak peluang bisnis, pengguna, investor, dan orang biasa. 

Berkat signifikansi esensial dan tidak dapat ditiru, pasar telah muncul di mana Anda bisa menjual properti penting apa pun. Token yang dapat ditukarkan adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di industri kripto, sebagaimana dikutip dari The Hindu. 

NFT Marketplace Terbaik

Ada sangat sedikit pasar NFT di awal atau awal kemunculan NFT, tetapi sekarang perubahannya sangat tinggi. Berikut ini ada beberapa NFT marketplace terbaik yang bisa Anda temukan:

OpenSea
OpenSea adalah yang terbaik dari semua pasar NFT. Ini meningkat dengan segala cara yang mungkin dari menjadi volume perdagangan hingga kapitalisasi pasar, semuanya berjalan dengan sempurna, membuat pasar untuk dirinya sendiri. 

OpenSea menjadi satu-satunya pasar NFT yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam ruang yang hampir 13 miliar kekayaan bersih sesuai survei terbaru. OpenSea adalah salah satu platform terbaik untuk mencetak NFT. Daftar mereka pasti akan mendapatkan wawasan dan penawaran, sebagaimana dikutip dari Finextra. 

Rarible
Rarible adalah salah satu pasar NFT terbaik di dunia, di mana pencetakan aset di sini sangat adaptif. Keuntungan signifikan lain yang signifikan untuk Rarible adalah antarmuka pengguna platform. Ini lebih peduli dengan menyediakan layanan yang sangat andal dan ini adalah platform berbasis komunitas, yang lebih efisien untuk mencetak NFT. Royalti yang ditawarkan di Rarible untuk pencipta NFT juga menambahkan bulu ke topinya. Rarible menutup dana 14 juta dolar baru-baru ini.

Foundation
Foundation adalah kumpulan multi-bayangan dari berbagai jenis NFT. Di sini dia mendukung dan dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum. Ini membuatnya andal dan kompatibel dengan semua blockchain yang Didukung Mesin Virtual Ethereum. 

NFT berbasis Ethereum juga dapat terdaftar di berbagai pasar. Alasan mengapa yayasan adalah salah satu tempat terbaik untuk mencetak NFT adalah proses pencetakan yang lebih mudah dan kelayakan dalam kenyamanan & pembayaran layanan.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: