Apa itu Virtex? Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya 

Lia Nanda Wijaya · Senin, 05 Desember 2022 - 18:03:00 WIB
Apa itu Virtex? Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya 
Apa itu Virtex? (Foto: engin akyurt/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Apa itu Virtex? Pertanyaan ini mungkin ada di sejumlah pikiran orang. Karena masih terdengar asing di telinga banyak orang. 

Virtex sebenarnya mempunyai kepanjangan virus text. Virtex ini memiliki potensi membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan. Jadi, saat suatu aplikasi seperti WhatsApp terkena Virtex, biasanya akan mengalami kendala lag dalam waktu lama. 

Jika itu terjadi, Anda akan sulit mengakses kembali. Jalan satu-satunya yang dapat ditempuh yakni mematikan ponsel dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. 

Supaya bisa benar-benar paham soal Virtex, Anda bisa mengetahui penjelasannya di sini!

Apa Itu Virtex?

Virtex merupakan virus yang sangat berbahaya. Tapi juga bisa menjadi virus yang tidak berbahaya. Hal ini tergantung dari seberapa besar kasus terkait Virtex yang menyerang sebuah aplikasi. 

Virtex biasanya akan menyerang jika secara terus menerus disebabkan banyak orang yang melewati suatu aplikasi. Misal ketika menerima pesan singkat dari aplikasi WhatsApp yang berisi tentang sesuatu yang memiliki karakter unik dan cukup panjang.

Jenis-Jenis Virtex

1. Virtex Easy
Jenis virus text yang memiliki efek ringan sehingga tidak menimbulkan risiko yang parah. Adapun efek yang ditimbulkan dari kejadian ini  yaitu berupa lag atau frozen yang bersifat sementara.

2. Virtex Sedang
Jenis virus text ini cukup sering dikirimkan ke beberapa target. Efek yang ditimbulkan dari kejadian ini yaitu berupa menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak dapat beroperasi secara baik seperti biasanya.  

3. Virtex Ganas
Virtex ganas memiliki tingkatan yang paling atas dan bersifat ganas sehingga dapat memiliki risiko yang merusak sistem operasi pada ponsel jika dibuka. Tidak hanya itu, ponsel akan terasa lebih berat saat ingin dioperasikan bahkan dapat menyebabkan error total.

Mengatasi Virtex di WhatsApp

1. Hindari Pesan dari Nomor yang Tidak Dikenal
Hindari pesan dari nomor yang tidak dikenal merupakan upaya mengatasi virtex di WhatsApp. Hal ini terjadi ketika Anda mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor yang mencurigakan dengan isi pesan berupa karakter-karakter yang bersifat unik sebaiknya langsung hapus pesan tersebut tanpa harus membukanya terlebih dahulu. 

2. Gunakan WhatsApp Immune
WhatsApp immune adalah salah satu aplikasi MOD WhatsApp yang memiliki sifat kebal terhadap virtex. Jika Anda menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir mengalami lag yang diakibatkan oleh virtex. 

3. Paksa Hentikan Aplikasi WhatsApp
Paksa memberhentikan WhatsApp untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat masuk kembali ke WhatsApp dan menghapus pesan virtex tersebut. 

4. Hapus Data WhatsApp dan Melakukan Instal Ulang Aplikasi WhatsApp
Langkah ini dilakukan untuk menghindari efek virtex yang semakin sering berkembang. 

5. Jangan Sembarang Berikan Nomor WhatsApp
Ini bisa membantu karena tidak pernah mengetahui nomor tersebut akan digunakan untuk kepentingan seperti apa. Disarankan, untuk memberikan nomor kepada orang-orang yang kenal dengan diri Anda. 

Demikian lah, penjelasan mengenai pengertian virtex, ciri-ciri virtex dan upaya mengatsi virtex di WhatsApp. Semoga Membantu!

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda