Apple Music dan Spotify Bersaing Ketat di Pasar Layanan Music Streaming

Sindonews ยท Selasa, 07 April 2020 - 18:30:00 WIB
Apple Music dan Spotify Bersaing Ketat di Pasar Layanan Music Streaming
Apple Music (Foto: Unsplash)

CUPERTINO, iNews.id - Layanan music streaming mengalami pertumbuhan sebanyak 32 persen selama 2019. Pertumbuhan itu menandakan layanan semakin diminati banyak masyarakat.

Apple Music dan Spotify masih memimpin pasar layanan music streaming dunia. Menurut Counterpoint, jumlah pelanggan Apple Music tumbuh 36 persen dan meraih pangsa pasar 19 persen.

Pesaing ketatnya, Spotify juga mengalami pertumbuhan sebanyak 23 persen dari tahun ke tahun. Meski pertumbuhannya tidak agresift seperti Apple Music, Spotify tetap memimpin pasar dengan market share 35 persen.

 

Bahkan, Spotify mampu menyumbang 31 persen dari total pendapatan pasar di industri ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena. Selain Apple Music dan Spotify ada juga layanan lainnya yang mengalami pertumbuhan.

Di belakang Spotify dan Apple Music ada Amazon. Layanan music streaming Amazon berhasi mencapai 15 persen dan YouTube Music tertinggal di belakang hanya dengan 6 persen dari total pelanggan premium.

Analis pasar percaya, kesuksesan Apple Music terjadi karena peningkatan layanan yang konstan dan terus merebuh pelanggan dari Spotify. Counterpoint percaya, tren ini akan berlanjut sepanjang 2020 dan pelanggan akan tumbuh lebih dari 25 persen karena Covid-19.

Jika prediksi Counterpoint benar, jumlah total pelanggan berbayar pada platform streaming musik besutan Apple tersebut akan melampaui 459 juta di seluruh dunia.

Editor : Dini Listiyani