Awal 2018, Muncul Ancaman Keamanan Prosesor

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 07 Januari 2018 - 17:03 WIB
Awal 2018, Muncul Ancaman Keamanan Prosesor

Awal 2018, ditemukan celah keamanan pada prosesor modern yang memungkinkan program berbahaya mencuri informasi dari memori program lain. (Foto: ESET/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pembukaan 2018 diawali dengan penemuan celah keamanan pada prosesor modern yang memungkinkan program berbahaya mencuri informasi dari memori program lain.

Di mana program jahat, seperti malware dapat mencuri password, informasi akun, kunci enkripsi, atau secara teoritis dapat mengambil segala sesuatu yang tersimpan dalam memori proses. Celah keamanan ini dikenal dengan nama Meltdown dan Spectre.

Kerentanan ini sudah ada selama lebih dari 20 tahun di arsitektur prosesor modern, seperti Intel, AMD dan ARM di server, desktop serta perangkat mobile. Artinya, semua pengguna yang menggunakan platform tersebut dalam kondisi siaga 1 jika tidak segera mengambil tindakan cepat untuk mengatasinya.

Celah keamanan yang dilaporkan pada 3 Januari 2018 lalu, telah mendapat respons dari setiap vendor sistem operasi dengan mengambil langkah preventif untuk menutup lubang yang disebabkan Meltdown dan Spectre.

Technical Consultant PT Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan, menanggapi kondisi genting ini kerentanan akibat Meltdown dan Spectre adalah mengejutkan di awal tahun, seluruh platform tidak ada yang aman dari kerentanan ini, semua komputer yang menggunakan prosesor dari tahun 1995 sampai sekarang sangat berpotensi terdampak.

"Ini artinya sistem operasi pada komputer dan perangkat mobile terancam dieksploitasi. Karena itu disarankan agar para pengguna segera bergerak cepat untuk melakukan update di vendor masing-masing,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang dilansir iNews.id, Minggu (7/1/2017).

ESET sebagai perusahaan keamanan data, merespons kasus ini dan tampil sebagai salah satu dari sedikit vendor yang merilis patch tercepat yang turut memperkecil kemungkinan terburuk.

Editor : Dani Dahwilani