Bagikan Data Pengguna Tanpa Persetujuan, Facebook Didenda di Korea Selatan

Dini Listiyani ยท Kamis, 26 November 2020 - 14:45:00 WIB
Bagikan Data Pengguna Tanpa Persetujuan, Facebook Didenda di Korea Selatan
Data Pengguna Tanpa Persetujuan, Facebook Didenda di Korea Selatan (Foto: Unsplash)

SEOUL, iNews.id - Personal Information Protection Commission Korea Selatan (PIPC) telah menghukum Facebook dengan denda 6,7 miliar won. Pasalnya, perusahaan media sosial tersebut telah membagikan informasi pengguna tanpa persetujuan.

Korea Communication Commission memulai penyelidikan pada 2018 sebelum akhirnya menyerahkannya kepada PIPC bulan lalu. Menurut Yonhap News, PIPC menetapkan, jejaring sosial membagikan informasi pribadi 3,3 juta pengguna Korea Selatan (dari total 18 juta) ke perusahaan lain tanpa persejutuan dari Mei 2012 hingga Juni 2018.

Pengawas mengatakan Facebook membagikan nama orang, alamat, tanggal lahir, pengalaman kerja, kota asal, dan status hubungan dengan perusahaan lain saat mereka login. Lebih lanjut, dikatakan Facebook dapat membagikan informasi itu dengan 10.000 perusahaan lain.

PIPC juga menuduh Facebook mengirimkan dokumen yang tidak lengkap atau palsu. Perusahaan jejaring sosial membantah tuduhan tersebut, mengatakan kepada Yonhap News, mereka bekerja sama dengan penyelidikan secara keseluruhan.

Ini adalah pertama kalinya PIPC mendenda Facebook. Tapi peristiwa semacam ini bukan yang pertama kalinya bagi Facebook di negara tersebut.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2