Begini Cara Twitter Perangi Disinformasi Terkait Virus Korona

Dini Listiyani ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 15:01:00 WIB
Begini Cara Twitter Perangi Disinformasi Terkait Virus Korona
Twitter perangi disinformasi terkait virus korona (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Penyebaran teori konspirasi mengenai virus korona tersebar di media sosial. Guna memerangi penyebaran disinformasi mengenai virus korona, Twitter mengambil langkah-langkah baru.

Twitter mengumumkan mereka akan mencegah hasil pencarian otomatis, yang cenderung mengarahkan individu ke konten yang tidak dapat dipercaya. Sebaliknya, perusahaan akan menggunakan pencarian untuk mengarahkan pengguna ke informasi resmi dari organisasi seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

"Kami telah meluncurkan dedicated search prompt baru guna memastikan saat Anda datang ke layanan untuk informasi #coronavirus, Anda bertemu dengan informasi yang kredibel dan otoritatif terlebih dulu," kata Twitter dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Mashable, Kamis (30/1/2020).

Twitter telah membentuk kemitraan dengan organisasi di 14 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Jepang. Perusahaan media sosial arahan Jack Dorsey ini mengatakan akan memperluas kebijakan ke lebih banyak lokasi, sesuai kebutuhan.

Pendekatan baru yang dilakukan Twitter serupa dengan yang telah dilakukan perusahaan dalam memerangi disinformasi terkait vaksi pada platform-nya. Upaya itu, yang juga mendorong pengguna mengetahui fakta, mengarahkan pencarian terkait vaksin ke vaccines.go.

Meskipun Twitter mengatakan belum melihat upaya terkoordinasi yang signifikan untuk menyebarkan disinformasi terkait coronavirus, ada lebih dari 15 juta tweet terkai dengan masalah ini dalam waktu empat minggu terakhir saja.

Teori konspirasi dan informasi yang salah mengenai virus korona tersebar di Facebook, Instagram, dan TikTok. Twitter mungkin tidak bisa memberantas disinformasi coronavirus sepenuhnya, tapi perusahaan berharap dapat berkontribusi untuk mengatasi ancaman.

Editor : Dini Listiyani