Berikan Ruang Khusus untuk Komunitas, Tumblr Hadirkan Fitur Group Chat

Dini Listiyani ยท Kamis, 07 November 2019 - 13:30 WIB
Berikan Ruang Khusus untuk Komunitas, Tumblr Hadirkan Fitur Group Chat

Tumblr hadirkan fitur Group Chat (Foto: Tumblr)

CALIFORNIA, iNews.id - Tumblr meluncurkan fitur grup perpesanan baru ke platform-nya. Dengan begitu, pengguna lebih mudah berbincang soal topik favorit mereka.

Group chats Tumblr termasuk ke dalam ruang publik. Artinya, siapa pun dapat menemukan dan membaca group chat, meskipun hanya anggota yang disetujui yang dapat mengirim pesan.

Pengguna akan melihat ikon group chat di sudut kanan atas aplikasi Tumblr mulai hari. Group chat tidak dimaksudkan untuk sesi private DM dengan Tumblr pals.

Ide dari group chat di Tumblr ini adalah memberikan orang-orang di komunitas menciptakan ruang khusus untuk membicarakan minat mereka lebih cepat dan interaktif dibanding sekadar re-blogging post orang lain.

Group chat di Tumblr mempunyai perbedaan mencolok dengan fitur serupa yang ada di Facebook. Pesan di dalam group chat dapat menghilang setelah 24 jam dan hanya bisa menampung maksimal 100 orang.

Meskipun group chat dapat ditemukan melalui pencarian, orang harus meminta izin untuk bisa bergabung. Non-anggota dapat melihat seperti apa group chat, tapi mereka tak dapat berpartisipasi aktif dalam percakapan apa pun tanpa diberi izin.

Product Manager Tumblr Scott Oltrogge mengatakan keamanan pengguna adalah prioritas utama bagi tim saat mereka mulai mengeksplorasi ide tersebut. Kontrol penuh atas keanggotaan chat diberikan kepada pemilik grup.

Semua anggota grup memiliki kemampuan melaporkan pengguna yang mungkin menggunakan bahasa penuh kebencian atau kasar. Tapi, hanya pemilik grup yang dapat mengusir seseorang.

"Saya dapat menghapus pesan, dan saya dapat menghapus pengguna sesuai keinginan saya. Jika saya ingin menghapus pesan pengguna itu, saya bisa jika itu tidak pantas. Saya juga dapat menghapus pengguna itu sepenuhnya jika mereka tidak berperilaku seperti yang saya inginkan," kata Oltrogge seperti dikutip dari The Verge, Kamis (7/11/2019).

Dalam upaya untuk memastikan materi yang mengganggu tidak dibagikan di dalam grup, Tumblr juga tidak akan mengizinkan pengguna mengunggah media mereka sendiri, termasuk foto dan GIF.

Pengguna hanya dapat menggunakan opsi GIF yang ada di dalam Tumblr di dalam group chat. Tumblr tidak membentuk kebijakan privasi atau penggunaan baru apa pun seputar group chat, tapi Oltrogge menegaskan pengguna harus berusia 13 tahun untuk menggunakan situs ini dan tak diizinkan berbagi konten dewasa.

Menurut Oltrogge, tidak ada cara untuk menjadikan group chat itu private. Tujuan tim adalah membuat pengalaman yang benar-benar terbuka dan berfokus pada masyarakat.

Jika orang ingin melakukan percakapan private satu lawan satu, mereka masih dapat memulainya melalui fitur Direct Messaging Tumblr.


Editor : Dini Listiyani