Bug iOS 16 Bikin Crash Aplikasi Mail

Dini Listiyani ยท Sabtu, 24 September 2022 - 12:07:00 WIB
Bug iOS 16 Bikin Crash Aplikasi Mail
Bug iOS 16 Bikin Crash Aplikasi Mail (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemilik iPhone pernah terkena bug Telugu. Sekarang, bug serupa muncul di iOS 16 tapi yang sekarang hanya memengaruhi aplikasi Mail.

Menurut 9to5Mac, pengembang VPN Tracker Equinux menemukan bug tersebut saat menganalisis email spam di iOS 16. Begini cara menjelaskannya. 

"Kami mulai melihat masalah email iOS untuk banyak orang di tim kami: Mail langsung mogok saat diluncurkan. Ternyata semua tim menerima pesan spam yang sama," kata pengembang VPN Tracker.

Tidak ada tanda bahaya dalam isi pesan itu sendiri. Tapi, bidang dari memang terlihat tidak biasa. Ini adalah apa yang biasanya terlihat seperti bidang:

Dari: pengirim@contoh.com.

Tapi inilah tampilan bidang di email yang memengaruhi aplikasi Mail:

Dari: “”@contoh.com.

Equinux mengklaim dengan memanfaatkan bug ini, “siapa pun dapat mengirim email kepada pengguna iOS 16 yang dapat mengunci mereka dari kotak masuk mereka.” 

Tim telah menjuluki bug "Mailjack," karena memberi aktor jahat kemampuan untuk secara efektif mencegah Anda memeriksa email Anda. Equinux mengatakan bug memengaruhi aplikasi Mail di iOS 16, iOS 16.0.1, dan iOS 16.1 dan iPadOS 16.1 beta.

Layanan email lain seperti Gmail, Outlook, dan Hotmail menulis ulang email masuk, jadi siapa pun yang menggunakan aplikasi tersebut seharusnya aman.

Cara Memperbaiki Bug Mailjack

Beruntung, perbaikan untuk bug Mailjack di iOS 16 relatif sederhana, seperti yang dijelaskan oleh tim yakni segera setelah menghapus email dari akun Anda menggunakan perangkat lain, klien email yang berbeda, atau di web, Mail memperbarui kotak masuk Anda dan berhenti mogok. 

Memindahkan email ke subfolder di akun email IMAP juga akan memperbaiki kotak masuk Anda. Tapi, Mail akan mogok lagi jika Anda menavigasi ke folder itu.

Jika Anda ingin melihat cara kerja bug, Equinux sebenarnya memiliki alat di blognya yang memungkinkan Anda menguji kerusakan dengan memasukkan alamat email Anda. Email mungkin berakhir di folder spam Anda.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda