Cara Download Video di Instagram

Dini Listiyani ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 13:03 WIB
Cara Download Video di Instagram

Aplikasi Instagram (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Pengguna Instagram tidak dapat mengunduh video secara langsung dari platform. Diperlukan trik khusus untuk mengunduh video yang diunggah di Instagram.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk download video dari Instagram. Salah satunya dengan aplikasi downloader khusus video yang ada di Play Store.

Di antara aplikasi downloader yang ada, Video Downloader for Instagram patut dicoba. Lantas bagaimana cara download video di Instagram menggunakan aplikasi video downloader?

1. Sebelum masuk ke tahap penggunaan, Anda perlu download aplikasi video downloader yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Aplikasi akan memungkinkan Anda download video Instagram yang tidak dilindungi dari post.
2. Setelah diunduh, Anda hanya perlu tap ikon aplikasi Instagram yang menyerupai kamera warna-warni. Cara ini akan membuka feed Instagram jika Anda login.
3. Buka video yang ingin Anda unduh. Scroll ke bawah untuk mencari video yang ingin Anda unduh ke perangkat Android. Perlu diingat, video harus bersifat publik, bukan dari akun private. Video juga harus berupa post dan bukan stories.
4. Tap ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas post video. Menu drop-down akan muncul saat ikon di tap.
5. Tap Copy Link. Copy Link ada di dalam drop-down menu. Tautan akan disalin ke clipboard Android Anda. Jika menu drop-down tidak memiliki opsi Copy Link. Anda mungkin dapat memilih Share Link dan tap Copy to Clipboard. Jika menu tidak memiliki opsi ini, Anda tidak dapat mengunduh video.
6. Open Video Downloader for Instagram. Tap ikon aplikasi Video Downloader for Instagram yang menyerupai panah putih menghadap ke bawah pada latar belakang warna-warni.
7.Tap Allow saat diminta. Ini akan memungkinkan Video Downloader untuk menyimpan file di Android Anda.
8. Paste di tautan jika perlu. Dalam sebagian besar kasus, aplikasi Video Downloader for Instagram akan mendeteksi link yang disalin dan segera membuka preview video di bagian atas layar. Jika tidak, tap Paste di dekat bagian atas layar.
9. Tap ikon Share Image. Ikon ini terletak di sisi kanan layar.
10. Tap Download Image. Opsi ada di menu Share.
11. Temukan video di Android Anda. Setelah mengunduh video ke Android, Anda dapat menemukannya dalam beberapa cara berbeda. Misalnya di aplikasi Photos atau File Manager.

Nah itu tadi cara download video di Instagram menggunakan aplikasi Video Downloader for Instagram. Dikutip dari Wikihow, Kamis (26/3/2020), Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk download video di Instagram. Salah satunya menggunakan SaveFromWeb.


Editor : Dini Listiyani