Cara Membuat Link Google Drive

Dini Listiyani · Rabu, 31 Maret 2021 - 10:31:00 WIB
Cara Membuat Link Google Drive
Google Drive (Foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat link Google Drive sangat mudah. Pada dasarnya, semua pengguna Google Drive bisa membuat link sendiri untuk dibagikan ke yang lain.

Google Drive adalah layanan storage dan sinkronisasi yang dikembangkan Google. Diluncurkan April 2012, Google Drive memungkinkann pengguna untuk store file di layanan mereka.

Menariknya, para pengguna juga bisa membagikan link Google Drive mereka sendiri kepada teman. Namun, pertama-tama perlu membuatnya sendiri. Bagi yang ingin membuat dan membagikan link Google Drive mereka caranya mudah. 

Berikut ini cara membuat link Google Drive yang bisa dicoba sebagaimana dikutip dari How to Geek, Rabu (31/3/2021).

1. Cara Menghasilkan Share Link di Windows, macOS, atau ChromeOS
Jika Anda pengguna Windows, macOS, atau Chrome OS dan telah menginstal aplikasi Google Drive, membuat link sangat mudah. Bahkan, dapat dilakukan langsung dari Windows Explorer atau Finder. 

Pertama, navigasikan file yang ingin Anda bagikan. Tidak masalah apakah itu dokumen, gambar, file yang dapat dieksekusi, atau jenis file lainnya, proses berbaginya tetap sama. Klik kanan pada file tersebut, lalu turun ke Google Drive masuk ke menu ini.

Saat opsi menu baru muncul, pilih Bagikan. Perlu dicatat, di macOS dan ChromeOS, tidak ada opsi Google Drive, cukup pilih Share (di ChromeOS) atau Share using Google Drive (di macOS). Dari sana, semuanya pada dasarnya sama. 

Kotak pertama yang muncul akan memungkinkan Anda mengirim link ke alamat email tertentu. Anda bisa melakukannya jika Anda mau, tapi karena berbicara soal membuat link yang dapat dibagikan di sini, ada beberapa langkah yang perlu dibahas.

Di pojok kanan atas kotak dialog Setelan Berbagi, ada tombol bertuliskan "Dapatkan tautan yang bisa dibagikan". Klik itu. Setelah opsi itu diaktifkan, tautan akan diisi. 

Anda cukup menandainya, lalu menyalin dan menempelkannya ke email, pesan obrolan, atau di mana pun. Tapi masih ada kontrol lebih besar di sini. Saat Anda membuat tautan unduhan, ini secara otomatis memungkinkan file untuk dilihat oleh siapa pun yang memiliki tautan. 

Namun, Anda dapat mengubah setelan ini menggunakan menu tarik-turun tepat di atas tautan. Ada juga opsi "Lainnya" di bagian paling bawah, yang memungkinkan Anda mengubah setelan privasi umum untuk file:

- Aktif (Publik): Ini pada dasarnya membuat file menjadi publik. Siapapun dapat mencari, menemukan, dan mendownload file tersebut.
- Aktif (Tautan): Siapa pun yang memiliki tautan dapat mengunduhnya. Mereka tidak perlu masuk ke akun Google mereka untuk melakukannya.
- Nonaktif: Hanya orang tertentu yang dapat mengakses file. Oleh karena itu, Google harus masuk.

Ya, banyak sekali hal yang harus diperhatikan jika yang Anda lakukan hanyalah berbagi file sederhana. Kabar baiknya adalah Google melakukan sebagian besar pekerjaan berat di sini, dan tindakan berbagi default cukup pribadi (tautan Anda dapat diakses oleh siapa saja, tetapi hanya jika mereka mengetahui tautannya), sehingga Anda dapat berbagi file dengan cepat dan efisien.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: