Cara Membuat NFT dan Menjual NFT di Marketplace

Dini Listiyani · Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:16:00 WIB
Cara Membuat NFT dan Menjual NFT di Marketplace
Cara Membuat NFT dan Menjual NFT di Marketplace (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Non-fungible token (NFT) belakangan ini menjadi populer berkat fenomena Ghozali Everday. Cara membuat NFT dan menjual NFT di marketplace seperti Ghozali Everyday sebenarnya tidak terlalu sulit. 

NFT terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Berkat sejumlah konten yang menghasilkan jutaan dari NFT, tentu saja menarik banyak orang untuk ikut mencobanya seperti yang sukses. 

Sebelum masuk ke pembahasan soal cara membuat NFT, ada beberapa platform marketplace yang tersedia di luar sana yang bisa digunakan untuk menjual NFT dan yang paling populer adalah OpenSea. Di sini, akan dibahas secara umum. 

Cara Membuat NFT dan Menjual NFT di Marketplace

1. Pilih Item Anda
Mari mulai dengan dasarnya. Pertama-tama, Anda perlu menentukan aset digital unik yang ingin Anda ubah menjadi NFT. Aset ini bisa berupa lukisan, gambar, musik, koleksi video game, GIF, atau bahkan tweet. Perlu Anda ingat baik-baik ya kelangkaan itu memberikan nilai NFT. 

Pastikan Anda memiliki hak kekayaan intelektual atas item yang ingin diubah menjadi NFT. Membuat NFT untuk aset digital yang tidak dimiliki bisa membawa Anda ke masalah hukum lho. 

2. Pilih Blockchain Anda
Usai memilih aset digital unik, kini tiba waktunya memulai proses mencetaknya menjadi NFT. Ini dimulai dengan menentukan teknologi blockchain yang ingin Anda gunakan untuk NFT. Nah, yang paling populer di antara seniman dan kreator NFT adalah Ethereum. 

Namun, Anda bisa memilih pilihan populer lainnya seperti Tezos, Polkadot, Cosmos, dan Binance Smart Chain. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: