Cara Menerjemahkan Teks Bahasa Asing di Instagram Stories

Dini Listiyani · Senin, 27 September 2021 - 13:06:00 WIB
Cara Menerjemahkan Teks Bahasa Asing di Instagram Stories
Cara Menerjemahkan Teks Bahasa Asing di Instagram Stories (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Cara menerjemahkan teks bahasa asing di Instagram Stories kemungkinan belum banyak diketahui pengguna. Padahal, cara ini perlu diketahui pengguna untuk memudahkan mereka mamahami bahasa yang tidak diketahui. 

Instagram beberapa bulan lalu telah meluncurkan fitur untuk mempermudah penggunanya melihat konten dalam bahasa asing. Platform berbagi foto ini telah menambahkan fungsi teks otomatis di Stories, sebagaimana dikutip dari India Times. 

Menariknya, pengguna Instagram tidak perlu mengaktifkan toggle apa pun atau checkmark beberapa box. Fungsi itu akan mendeteksi jika ada teks dengan bahasa berbeda dari yang Anda gunakan sebagai default. 

Anda bisa mengubahnya  kapan saja dengan tap tiga garis horizontal yang terletak di kanan atas Profil, memilih Settings, gulir ke bawah, dan tap Account, lalu pilih Language.

Untuk lebih jelas, berikut ini cara menerjemahkan teks bahasa asing di Instagram Stories sebagaimana dikutip dari Elite Daily, Senin (27/9/2021).

1. Jika Instagram mendeteksi teks dalam bahasa asing, Anda akan melihat banner popup muncul yang bertuliskan 'See Translation' di sudut kiri atas

2. Cukup tap pesan itu, dan terjemahan akan muncul untuk teks yang ada di postingan Stories itu

Terjemahan tidak tersedia untuk audio saat ini. Artinya, Anda juga perlu mengetikkan kata-kata Anda jika ingin follower memiliki opsi untuk menerjemahkan teks. 

Perlu diingat, fitur ini hanya menerjemahkan teks diam yang diketik menggunakan text tool, sehingga tidak kompatibel dengan stiker teks otomatis yang sudah diluncurkan Instagram.

Selain itu, jika ada beberapa postingan Stories yang memiliki teks bahasa lain, Anda harus mentap 'See Translation' setiap kali untuk melihat terjemahan. Namun, tidak ada batasan berapa kata atau karakter yang dapat diterjemahkan dalam satu teks. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: